MAN 1 Kendari Kali ke-3 Raih Juara Umum Generasi Islam Berprestasi

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – MAN 1 Kendari kembali meraih juara umum dalam kegiatan bertajuk Generasi Islam Berprestasi (GIB) yang diadakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Puuwatu. Siswa-siswa pramuka Gudep Al-Azhar dan Az-Zahrah Pangkalan MAN 1 Kendari di bawah binaan Syarifuddin itu, kali ini terhitung sudah tiga kali berturut-turut meraih juara umum, yakni tahun 2022, 2023, dan 2024.

Pengumuman juara umum kali ini disampaikan langsung setelah penutupan kegiatan pada hari terakhir di aula Kantor Lurah Puuwatu, Kendari, Minggu (31/3/2024).

GIB jilid IV yang mengetengahkan tema Bersama Pramuka yang Cerdas dan Berproduktif di Bulan Ramadhan dengan slogan Cermat Dakwah Intelektual itu merupakan program kerja Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Puuwatu tahun 2022 yang tahun ini diadakan selama tiga hari, mulai tanggal 28 hingga 31 Maret 2024. Selain kegiatan umum, kegiatan lomba yang diusung, di antaranya lomba tahfidz, lomba da’i, syarhil Qur’an, dokumentasi Ramadhan, dan poster digital itu menaruh sasaran siswa-siswa SMA/SMK/MA se-Kota Kendari.

Adapun daftar juara yang diraih, yakni Muhammad Nur Alim (XII AGAMA 1) sebagai juara 1 Lomba Hifdzil Qur’an Putra; Aisyah Ishak (XI-4), Resky Saslia Rahmah A. (XI-1), dan Fatahul Aulia (XI-7) sebagai juara 1 Lomba Syarhil Qur’an; Muh. Arif Rahman Hakim (XI-12) sebagai juara 1 Lomba Ceramah Agama Putra; Fatahul Aulia (XI-7) sebagai juara 1 Lomba Ceramah Agama Putri; Syakila Syahdani Sjamsu (XI-2) sebagai juara 1 Lomba Poster Digital Putri; Resky Saslia Rahmah A. (XI-1) sebagai juara 2 Lomba Hifdzil Qur’an Putri; Fenty Yani (XI-4) sebagai juara 3 Lomba Film Dokumenter; dan Afif Ihsanurrahman (XI-3) sebaga juara 3 Lomba Poster Digital Putra.

Menanggapi hal itu, kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo merasa bangga atas capaian anak-anak pramuka di madrasahnya itu. Dirinya menilai bahwa itu semua merupakan implikasi hasil binaan pramuka di MAN 1 Kendari yang dilaksanakan secara intens dan terbimbing sekaligus menunjukkan keunggulan-keunggulan madrasah.

“Hal itu juga sejalan dengan instruksi Mentri Agama tentang pembelajaran di madrasah selama bulan Ramadhan. Alhamdulillah, MAN 1 Kendari kembali unggul dalam lomba-lomba keagamaan. Semoga nilai-nilai pramuka dan agama tetap terpatri di dalam jiwa-jiwa generasi penerus di MAN 1 Kendari,” ucapa La Tangkalalo.

Pembina pramuka MAN 1 Kendari, Syarifuddin menyambut haru atas raihan prestasi siswa binaannya itu.

“Saya sangat terharu melihat anak-anak dengan sumringah naik ke panggung menerima penghargaan. MAN 1 Kendari 3 tahun berturut-turut, yakni 2022, 2023, dan 2024 meraih juara umum sehingga berhasil mempertahankan piala bergilir di tahun ini. Semoga ke depan kami tambah semangat dan semoga kegiatan pramuka semakin digemari siswa-siswa MAN 1 Kendari,” pungkasnya.

  • Bagikan