Kakanwil Kemenag Sultra Beri Bimbingan Manasik Haji Tingkat Buton Utara

  • Bagikan

Buton Utara, sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Muhamad Saleh, didampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Buton Utara La Diri, membuka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kab. Buton Utara Tahun 1445 H/2024 M, di Aula Kantor Kemenag Buton Utara, Minggu (28/4/2024).

Turut hadir Ketua GP Ansor Sultra H Pendais Haq, Kasi Haji Kantor Kemenag Kab. Buton Utara, Ketua FKUB dan 15 calon jamaah haji Buton Utara.

Kakanwil Kemenag Sultra Muhamad Saleh menjelaskan, sebagai bentuk komitmen dalam peningkatan layanan penyelenggaraan ibadah haji, pemerintah melalui Kemenag memberikan pembekalan melalui bimbingan manasik haji kepada para calon jamaah haji sebelum ke tanah suci.

Muhamad Saleh menyebut, melalui bimbingan manasik haji, jamaah akan lebih siap dan percaya diri dalam menjalankan ibadah haji.

“Dengan bimbingan manasik haji ini, jamaah akan memiliki pengetahuan lebih mendalam tentang tata cara dan hikmah ibadah haji, serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan dalam menghadapi perjalanan suci tersebut dan kembali dengan meraih predikat haji mabrur,” ungkapnya.

Pembinaan manasik haji ini lanjut Saleh, diberikan kepada calon jamaah haji secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Dua kali ditingkat kabupaten dan 8 kali ditingkat kecamatan. Sehingga, total jumlah manasik haji yang harus diterima oleh jamaah haji sebelum berangkat adalah sebanyak 10 kali.

Kendati begitu, Saleh mengimbau agar jamaah haji memperbanyak membaca literatur mengenai pelaksanaan ibadah haji, untuk melengkapi pemahaman terkait proses penyelenggaraan ibadah haji sehingga bisa meraih haji yang mabrur.

Saleh menambahkan ibadah haji identik dengan ibadah fisik, sehingga jamaah haji wajib menjaga kesehatan agar dapat melakukan rangkaian ibadah haji dengan baik. Kakanwil mengimbau, sebelum berangkat ke tanah suci, jamaah rutin melakukan latihan fisik dan menerapkan senam haji.

“Perbaiki niat semata-mata untuk memenuhi panggilan Allah SWT, semoga diberikan kemudahan dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji,” imbuhnya.

Saleh juga berpesan, agar seluruh jamaah mematuhi arahan ketua dan petugas-petugas yang menyertai jamaah di kloter.

  • Bagikan