Kakanwil Kemenag Sultra Kukuhkan BKM, AGPAII dan Hadiri Pengukuhan Muslimat NU Tingkat Butur

  • Bagikan

Buton Utara, sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Muhamad Saleh didampingi Bupati Buton Utara (Butur) H. Muhammad Ridwan Zakariah, mengukuhkan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) serta menghadiri pengukuhan Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) tingkat Kabupaten Buton Utara, berlangsung di Aula Hotel Saraea Butur, Senin (29/4/2024).

Dalam ppengukuhan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Buton Utara La Diri, Ketua Baznas Provinsi, Ketua PW Muslimat NU Sultra Hj. Suhaena, Ketua MUI Kab. Buton Utara, Ketua FKUB Kabupaten Buton Utara, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sultra, serta dihadiri pengurus BKM, pengurus AGPAII dan Muslimat NU Kabupaten Buton Utara serta sejumlah tamu undangan.

Kakanwil Kemenag Sultra Muhamad Saleh mengatakan, pengukuhan pengurus ketiga organisasi ini bertujuan untuk kemaslahatan umat, bangsa dan negara.

“Selamat bagi pengurus ketiga organisasi yang baru dikukuhkan, semoga mampu mengemban amanah organisasi ini dengan baik,” ungkap Saleh mengawali sambutannya.

Saleh mengajak pengurus tiga organisasi tersebut untuk terlibat secara masif dalam program pemerintah, terutama dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting khususnya di Buton Utara.

Hal ini, sejalan dengan upaya Kemenag yang saat ini sedang gencarnya memasifkan program tersebut, sebagaimana SE Menag No 2 Tahun 2024.

“Saya juga mengajak untuk bersama mendigdayakan masjid-masjid yang ada di Kab. Buton Utara. Jika dulunya masjid hanya digunakan sebagai tempat ibadah, saat ini sudah digunakan sebagai tempat kegiatan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi umat,” jelasnya.

Saleh mengajak, agar ketiga organisasi tersebut mampu berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup, terutama penyuluh dan penghulu.

Dikesempatan ini, Muhamad Saleh menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya kepada Bupati Buton Utara atas perhatian dan kepedulian yang telah menggelontorkan sejumlah bantuan bagi guru-guru PAI di Kabupaten Buton Utara.

“Guru-guru PAI agar terus membina anak-anak kita, berkolaborasi dan berkontribusi yang nyata pada pemerintah daerah dan masyarakat Buton Utara,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Buton Utara H. Muhammad Ridwan Zakariah, berharap agar kehadiran ketiga organisasi tersebut dapat berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya yang ada di Buton Utara.

Dirinya mengatakan, perlunya kolaborasi dan sinergitas untuk bersama membangun daerah. Pihaknya juga terus berupaya bekerjasama dengan Kementerian Agama dalam mendukung apa yang menjadi program pemerintah, terutama dalam pencegahan dan penurunan angka stunting.

“Dengan kerjasama yang baik oleh seluruh komponen masyarakat, mari bersama kita wujudkan apa yang menjadi program pemerintah,” tandasnya.

Diakhir kesempatan, Kakanwil Kemenag Sultra bersama Bupati Buton Utara dan Ketua Baznas Sultra, menyerahkan sejumlah santunan kepada siswa madrasah berprestasi dan kurang mampu.

  • Bagikan