BKKBN Bersama UHO Kolaborasi Atasi Stunting di Lalingato Kolaka Timur

  • Bagikan

Kolaka Timur, Sibernas.id – Sebagai upaya percepatan penurunan stunting, bidang pengendalian penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra melaksanakan kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi Pendampingan Perguruan Tinggi Melalui Implementasi Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka difokuskan di Desa Lalingato, Kec. Tirawuta, Kab. Kolaka Timur, Rabu (7/6/23).

Dalam sambutannya Ketua Tim bidang Dalduk BKKBN Sultra, Mustakim, menyampaikan pentingnya melaksanakan percepatan penurunan stunting karena hal ini berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia khususnya di kolaka timur. Pada kesempatan ini turut hadir dinas pengendalian Penduduk dan KB Kolaka Timur, babinsa setempat, kepala LPPMP Univ Haluoleo, Muhaimin, juga sekdes Lalingato.

Bertindak sebagai Nara Sumber tunggal Ibu Ruwiah, M.Kes, dosen yang juga ahli gizi UHO Kendari.

Selanjutnya kegiatan ini merupakan kerja sama dengan mahasiswa KKN universitas Halu Oleo Kendari, oleh karena itu, kata Mustakim kepada kepala desa Lalingato agar dapat memanfaatkan para mahasiswa/i ini dalam hal pendampingan warga Desa Lalingato, khususnya keluarga dengan ibu hamil dan pemilik anak-anak usia di bawah 2 tahun serta keluarga beresiko stunting.

Pada kesempatan yang sama sekretaris desa Lalingato menyampaikan bahwa isu stunting ini bukan hanya tahun ini saja tetapi hampir setiap tahun belakangan ini desa Lalingato selalu menganggarkan dana kesehatan termasuk di dalamnya untuk stunting melalui alokasi dana desa.

Dalam pemaparan materinya, Ruwiah yang pernah lama bertugas di Rumah Sakit dan Dinkes Sultra, cukup mendetail menyampaikan menu-menu makanan yang wajib dan layak dikonsumsi para bumil, ibu menyusui serta anak-anak balita.

  • Bagikan