Konsisten Jaga Lingkungan, Pj Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Dukung PT Vale

  • Bagikan

Luwu Timur, sibernas.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung keberlanjutan operasional PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) di Luwu Timur (Lutim). Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Lutim di Ruang Sidang DPRD Lutim, Jumat (3/5/2024).

Menurut Bachtiar, PT Vale merupakan salah satu perusahaan tambang terbaik di Indonesia yang konsisten memperhatikan ekosistem lingkungan. Selama 56 tahun beroperasi di Lutim, PT Vale mampu menjaga kejernihan air Danau Matano.

“Kita harus jujur mengakui, PT Vale adalah perusahaan tambang terbaik di Indonesia yang konsisten merawat lingkungan. Makanya seluruh masyarakat harus mendukung PT Vale untuk melanjutkan operasinya di Lutim,” ujar Bahtiar.

Dia membandingkan Lutim dengan daerah pertambangan di wilayah lain di Indonesia. Menurutnya, meskipun Lutim memiliki perusahaan tambang yang telah beroperasi puluhan tahun, tetapi lingkungannya tetap terjaga, tidak ada hutan gundul bahkan area yang berlubang.

“Saya sudah keliling Indonesia dan melihat seluruh wilayah bekas tambang di Indonesia penuh lubang, mereka meninggalkan lokasi tambang tanpa bertanggung jawab seperti PT Vale. PT Vale memang berkomitmen menjaga lingkungan dan juga konsisten memegang semboyan, yaitu people, planet, dan profit,” jelasnya

Pada awal Januari 2024 Pj Gubernur Sulsel melakukan kunjungan kerja ke area operasi PT Vale, dan melihat langsung praktik pertambangan yang baik diterapkan perseroan selama ini.

“PT Vale ini bisa menjadi contoh perusahaan di Indonesia bahkan dunia, bagaimana melakukan penambangan sekaligus menjaga lingkungan. Perseoran melakukan berbagai upaya untuk menjaga ekosistem. Bisa dikatakan, PT Vale adalah perusahaan tambang terbaik yang kita miliki,” puji Bahtiar.

CEO PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale), Febriany Eddy menjelaskan, PT Vale telah menetapkan standar tinggi dalam hal pengelolaan lingkungan. Dari pengelolaan limbah hingga rehabilitasi lahan, perusahaan ini telah memprioritaskan praktik-praktik ramah lingkungan dalam setiap aspek operasionalnya.

“Komitmen kami terhadap lingkungan juga tercermin dalam upaya untuk terlibat dalam proyek-proyek konservasi dan penanaman pohon baik di sekitar area operasional maupun di luar area operational,” katanya.

Pada perayaan HUT Lutim ke-21, Febriany Eddy menyampaikan apresiasi dan selamat atas prestasi dan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yang terus bertumbuh dan melaju.

“Dirgahayu Luwu Timur ke-21, semoga terus bertumbuh dan melaju sehingga dapat berkolaborasi bersama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Bumi Batara Guru,”ungkapnya.

  • Bagikan