Pemkot Kendari Gelar Lomba “Mosolori” Rangkaian HUT ke-193 Kota Kendari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari pada 9 Mei 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari menggelar Lomba ‘Mosolori’ Tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan se-Kota Kendari, berlangsung di Anjungan Teluk Kendari, Rabu (8/5/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Penjabat (Pj) Kota Kendari Muhammad Yusup. Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, Asisten, Staf Ahli, para Perbankan, dan Forkopimda serta para peserta lomba.

Diketahui Mosolori adalah cara membuat masakan tradisional masyarakat suku Tolaki, berbahan dasar sagu yang dituangkan air panas hingga masak menjadi makanan yang dikenal dengan sebutan sinonggi.

Selain itu lomba Mosolori bertujuan untuk mengenalkan hasil pangan lokal sebagai makanan khas daerah Sulawesi Tenggara.

Dikesempatan itu, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup bersama Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala mengunjungi dan menanyakan satu per satu sajian makanan yang dihidangkan oleh peserta lomba Mosolori.

“Kita lihat tadi makanan yang disajikan semua memenuhi unsur gizi tidak kalah dengan makanan modern,” katanya.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu menjelaskan bahwa lomba ini tidak hanya bersifat seremonial tapi memenuhi tugas pemerintah daerah untuk mensosialisasikan makanan tradisional, mengampanyekan serta mengedukasi masyarakat tentang makanan tradisional.

Tak hanya itu, kata dia, lomba ini merupakan langkah awal untuk bersama-sama meningkatkan pangan lokal.

“Pangan lokal yang penuh dengan rempah-rempah yang baik untuk kesehatan juga penguatan gizi. Mudah-mudahan kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses,”tutup Kepala BPBD Sultra itu.

Sementara itu, Ketua panitia lomba Mosolori, Fadil Suparman, yang juga Kadis BPBD Kota Kendari mengatakan, kegiatan lomba Mosolori telah berlangsung selama 3 tahun berturut-turut. Lomba ini dikuti 33 OPD, 11 kecamatan, 3 direktur.

“Sebenarnya ini sudah tahun ke-3, dan Alhamdulilah semua OPD, 11 kecamatan, Direktur PDAM, Direktur Pasar dan Direktur Perumda ikut berpartisipasi pada acara kita,” katanya.

Untuk diketahui, hasil lomba Mosolori ini akan diumumkan pada malam ramah tamah HUT ke-193 Kota Kendari di Lapangan Benu-Benua, kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

  • Bagikan