Gubernur Sultra Ali Mazi Resmikan Porprov XIV Sultra

  • Bagikan
Kendari, Sibernas.id – Gubernur Sultra H Ali Mazi resmi membuka Pekan Olahraga Sulawesi Tenggara yang di gelar di Lapangan Alun-alun Takawa, Sabtu malam (26/11/2022).

Selain Gubernur Sultra H Ali Mazi, juga dihadiri Ketua Umum KONI Pusat Marsiano Norma, Ketua DPRD Provinsi Sultra H Abdurrahman Saleh, Forkopimda Sultra, Bupati / Walikota Se Sultra, Sekda se Sultra, Ketua Umum KONI diwakili Suwandi Andi, Forkopimda Kabupaten/kota, Ketua DPRD Se Kabupaten / Kota, Ketua KONI Se-Sultra para camat.

Gubernur Sultra menyampaikan Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara ke XIV Tahun 2022 merupakan wujud keseriusan Pemprov Sultra dalam menjalankan amanat PP No 7 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Pekan dan kejuaraan olahraga dimasa keepminpinan kami periode 2018 – 2023.

“Proprov Sultra XIV merupakan Porprov kedua setelah pertama Porprov ke XIII terlaksana dengan baik di kabupaten
Kolaka, Bagi kami penyelenggaraan Porprov menjadi bagian dari implementasi program prioritas Aman (Alimazi-Lukman Abunawas) dibidang olahraga yang dikemas dalam Sultra sehat dan produkstif dengan mewujudkan Sultra yang aman maju sejahtera dan bermartabat,”ujarnya.

Hal tersebut lanjut dia berangkat dari pemikiran bahwa jika pembangunan olahraga merupakan salah satu variabel yang penting dalam mewujudkan kemajuan daerah sekaligus kemajuan bangsa dan negara karena proses dan outputnya terkandung nilai pemberdayaan masyarakat, pembentukan karekter dan identitas serta menjadi perekat persarua kesatuan anak – anak bangsa.

Disinilah urgensinya penyelanggaraan iven olahraga prestasi seperti porprov PON dan iven olahraga lainnya dalam upaya pembinaan serta mengukur kemampuan para atlet didaerah yang bermuara pada  terwujudnya prestasi olahraga serta terbangunnya kesehatan dan budyaa masyarakat dalam rangka mendorong terciptanya kemajuan dan kesejahreraan bangsa.

Ketua Umum KONI Pusat Marsiano Norma,  menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepaoa Gubernur Sultra yang telah bekerja keras agar Porprov dapat dilaksanakan.

“Ini adalah Porprov pertama yang dilaksanakan di Sultra setelah pandemi,  alhamdulillah dari 17 kontingen kabupaten kota yang hadir mendapat dukungan masyarakat kabupaten Buton dan kota Baubau luar biasa yang mengikuti acara ini dengan seksama dapat diartikan masyarakat Sultra khsusunya yang diwakili Buton dan Baubau mereka menginginkan bahwa prestasi olahraga Sultra dalam masa setelah covid ini lebih baik dari waktu waktu sebelumnya.

“Saya mengucapkan sekali lagi
Atas kehadiran atlit – atlit PON Sultra di O
Papua dan sekarang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON 20 di Aceh,”katanya.

Besar harapannya sesuai apa yang diamanatkan desain besar olahraga nasional dan uu olahraga no 11 tahun 2022 Provonsi Sultra dapat berkosentrasi pada cabor unggulannya karena dengan dukungan kabupaten / kota yang  mempersiapkan cabor unggulannya insayaallah prestasi Sultra tidak hanya meningkat pada saat PON tetapi Indonesia dalam keikutsertaanya di seagames, asian games, maupun  olimpiada akan selalu ada atlet Sultra.

“Oleh karena itu saya berharap Porprov ini akan lahir atlet Sultra harapan kita di masa akan datang, kita tidak pernah berhenti meningkatkan prestasi olahraga dan Bangsa Indonesia akan diuntungkan dengan adanya atlet daei Sultra,”ujarnya.

Kepada seluruh peseta selamat berjuang junjung tinggi sportifitas pecahkan rekor sultra, rekor nasional dan bahkan mungkin rekor internasional yang bisa dipecahkan pada Porprov XIV ini.

“Terimakasih masyarakst Buton dan Baubau yang memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pelaksanaan Porprov XIV saya harapkan atensi pemerintah yang diberikan Gubernur dan jajarannya akan dibayar dengan prestasi atlet Sultra,”imbuhnya.

Sementara Pj Bupati Buton menyampaikan ucapan selamat datang untuk seluruh pihak dan terkhusus insan Olahrga Kabupaten Buton dalam rangka menghadiri acara ini dan tentu ucapan terimakasih kepada Gubernur dan Ketua KONI yang telah mempercayakan Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah bersama Porprov XIV Sultra Tahun 2022.

“Kami memohon maaf untuk hal-hal yang kurang dan semoga menjadi acuan di masa yang akan datang di Kabupaten Buton dan ucapakan terimakasih untuk Forkopimda TNI dan Polri hingga pada acara penutupan nanti,” ucap Pj. Bupati Buton

Kepala BPKAD Sultra ini juga menyampaikan terima kasih pada seluruh pimpinan daerah telah mengirim kontingen dari seluruh kabupaten kota se-Sultra. “Dan besar harapan kami Kabupaten Buton mendapat kesan dan cerita yang baik dalam pengembangan kegiatan olahraga di masa mendatang,” katanya.

Terakhir Pj. Bupati berharap semoga pelaksanaan Porprov XIV di Buton-Baubau dapat berjalan sebagai mana mestinya dan melahirkan atlet berprestasi daerah dan bisa mengharumkan nama baik Sultra di tingkat nasional dan nama baik Indonesia di tingkat internasional.

“Kami menyadari sebagai tuan rumah masih banyak kekurangan kami mohon maaf dengan segala kelemahan itu,”ujarnya.

Kata dia pelayanan hingga venue yang disiapkan kabupaten Buton semoga mendaptkan kesan dan cerita yang baik.
“Semoga pelaksanaan Porprov dapat berjalan sebagaimana mestinya, lahir atlit daerah yang berprestasi dan mengharumkan nama daerah,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua KONI Prov Sultra yang diwakili Ketua Harian, KONI Prov. Sultra, Suwandi Andi, SE menyampaikan KONI Prov akan dilaksanakan 39 cabor dan pada saaat perhelatan mengajak untuk tetap sportivitas guna mencapai kegiatan pekan olahraga yang baik dan benar.

  • Bagikan