Survei Pandawa Research, Elektabilitas AJP Tertinggi Ungguli Dua Pesaingnya

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Hasil survei Pandawa Research, yang merekam potret potensi kemenangan para Calon Wali Kota (Cawalkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, bocor ke publik.

Bocoran hasil survei Pandawa Research ini, menunjukkan besaran elektabilitas para kandidat dengan simulasi tiga Cawalkot Kendari. Diantaranya, Aksan Jaya Putra (AJP), Ishak Ismail, Sitya Giona Nur Alam, Siska Karina Imran (SKI), dan Yudhianto Mahardika.

Dalam bocoran slide survei Pandawa Research pada simulasi pertama untuk tiga Cawalkot, AJP memiliki elektabilitas tertinggi, dengan 42 persen, sedangkan urutan kedua ditempati SKI dengan elektabilitas 32 persen.

Sementara posisi ketiga, menempatkan Yudhianto Mahardika yang hasil survei elektabilitasnya 6,8 persen, dan voters yang tidak tahu dan tidak jawab (TT/TJ) 19,2 persen.

Masih simulasi tiga kandidat, kali ini Pandawa Research menandemkan tiga Cawalkot Kendari, AJP, Sitya Giona Nur Alam, dan Ishak Ismail. Pada simulasi ini, AJP kembali mencatatkan elektabilitas paling tinggi diantara dua pesaingnya, yakni 41,3 persen.

Selanjutnya, untuk elektabilitas tertinggi kedua, ada nama Sitya Giona Nur Alam dengan raihan 33,3 persen, disusul Ishak Ismail 9,6 persen, dan TT/TJ 15,7 persen.

Hasil survei Pandawa Research sendiri, dilakukan pada periode mulai tanggal 4 sampai dengan 8 Juli 2024, dengan sasaran voters 440 responden. Margin eror atau selisih kurang lebih 4,8 persen.

Diketahui, lembaga survei Pandawa Research ini, merupakan lembaga survei yang digunakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk memotret elektoral kandidat, khususnya di Pilwali Kota Kendari.

Meski begitu, Pandawa Research yang dipimpin Eka Kusmayadi ini belum merilis secara resmi hasil survei mereka di Pilwali Kota Kendari.

Sebelumnya juga diberitakan, lembaga survei Indikator telah selesai melakukan riset opini publik jelang Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024.

Lembaga survei Indikator belum secara resmi mengeluarkan rilisnya, mengenai hasil survei yang dilaksanakan 3-11 Mei 2024. Meski begitu, ada bocoran slide survei yang sedang diperbincangkan di media sosial (Medsos).

Slide bocoran survei yang diterima awak media ini, menempatkan Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra (AJP) diposisi teratas dengan unggul 15 persen dari kandidat lainnya.

AJP yang diprediksi sejumlah pihak bakal memenangkan Pilwali Kota Kendari 2024 ini, mencatat elektabilitas di angka 35,8 persen, disusul Siska Karina Imran (SKI) 19,1 persen dan posisi ketiga Giona Satya Nur Alam 18,2 persen.

  • Bagikan