14 Atlet Shorinji Kempo Sultra Siap Berlaga di PON Aceh-Sumut

  • Bagikan
para atlet Shorinji kempo Sultra bersama pelatih

Kendari, Sibernas.id – Sebanyhak 14 atlet shorinji Kempo Sulawesi Tenggara (Sultra), siap berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut yang di gelar di Banda Aceh, 8-20 September 2024.

Ke-14 atlet tersebut akan mengikuti 9 kelas, yakni tujuh atlet yang akan berlaha di tujuh kelas randori atau perkelahian bebas dan tujuh atlet yang akan berlaga pada dua kelas embu atau peragaan kerapian teknik/gerakan jurus kempo.

Adapun tujuh atlet randori tersebut yakni Wa Ode Sitti Saputriani Randori putri di kelas 60 kilogram, Rustam randori putra di kelas 65 kilogram, Rical randori putra di kelas 70 kilogram, Riang Sri Dewanti randori putri di kelas 65 kilogram, Fani Rahmasari randori putri di kelas 55 kilogram, La Ode  Herukman randori putra di kelas 70 kilogram dan Aldi Gunawan randori putra di kelas 60 kilogram.

Sementara untuk dua kelas embu atas nama Aldityah dan Fitrah Firmansyah akan bertanding di kelas embu berpasangan kyu kensi putra, kemudian kelas embu beregu putra atas nama, Jildan, Jibran, Aby Wakas, Andriyanto, Akmal dan Fitrah Firmansyah.

Pelatih Atlet Kempo Sultra Abdul Salam mengatakan, seluruh atlet tersebut berhasil lolos ke PON karena tampil gemilang pada Pra PON yang berlangsung di Surabaya.

Bahkan kata Abdul Salam, tiga dari tujuh atlet yang lolos berhasil menyabet medali. Mereka yang mendapatkan medali yakni Wa Ode Sitti Saputriani Randori meraih medali emas serta Rustam dan Rical masing-masing meraih medali perunggu.

“Ini berkat kerja keras seluruh atlet dan pelatih serta dukungan penuh dari Senpai Yudhianto Mahardika. Kami menyampaikan terima kasih kepada pengurus Perkemi Sulawesi Tenggara,” katanya.

Usai dinyatakan lolos PON kata Salam, seluruh atlet langsung mengikuti pemusatan latihan dengan bimbingan beberapa pelatih lainnya, baik itu pelatih randori maupun pelatih embu diantaranya Senpai Wais Meronda, Senpai Andi Tanjaya, Senpai Rahman dan Senpai Jusman.

Meskipun dengan berbagai keterbatasan, seluruh atlet shorinji kempo Sultra ini intens melakukan latihan dengan harapan dan tekat bulat ingin mempersembahkan medali buat daerah pada ajang bergengsi PON tersebut.

Sementara itu, Ketua Perkemi Sultra Yudhianto Mahardika, mengatakan keberhasilan Sultra meloloskan atlet ke PON karena sudah menjadi tekadnya sejak dipercaya memimpin organisasi itu. .

“Takad saya ingin mengembalikan kejayaan Shorinji Kempo di Sultra yang kerap menjadi cabor penyumbang medali di ajang PON,” katanya.

Ia mengaku, keberhasilan 14 atlet shorinji Kempo Sultra menembus ajang PON Aceh-Sumut tersebut tentunya melalui rangkaian persiapan yang tidak singkat, mulai dari menggelar kejuaraan daerah sehingga terpola atlet potensial, kemudian potensi para atlet tersebut mulai diuji pada ajang porprov, kemudian mengikuti kejurnas Rektor Unhas Cup di Makassar, hingga mengikuti Pra PON.

 

  • Bagikan