Pemda Konawe Salurkan CBP 31 Ton Untuk Warga Terdampak Banjir

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Penerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) secara masif terus menyakurkan menyalurkan Cadangan Beras Peemerintah (CBP) kepada warga.

Kepala Dinas Ketapang Konawe, Abdul Hasyim mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan CBP sebanyak 31 ton. Beras tersebut diberikan kepada warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

“CBP juga kami salurkan kepada warga terdampak kemiskinan ekstrim,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/7/2024).

Lanjut Hasyim, penyaluran CBP ini dilakukan sejak April 2024, dengan prioritas utama adalah membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Sistem klasifikasi penyaluran CBP juga mempertimbangkan kondisi wilayah dan keadaan masyarakat yang terdampak,” imbuhnya.

Hasyim mengungkapkan masih terdapat 12,35 ton CBP yang tersisa di Bulog Konawe. Sisa CBP ini akan terus didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan, sesuai dengan instruksi dari Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba.

“Untuk memastikan bantuan tepat sasaran, Dinas Ketahanan Pangan akan bekerja sama dengan pemerintah desa dan BPBD dalam melakukan asesmen terhadap masyarakat yang terdampak bencana,” tambahnya.

Ia berharap, pengumpulan data melalui pemerintah desa serta hasil asesmen BPBD terkait. Mendapatkan data warga terdampak bencana yang komprehensif dan akurat

“Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan bantuan CBP dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

  • Bagikan