10 Anggota Panwaslu Kelurahan di Kecamatan Andoolo Resmi Dilantik

  • Bagikan
Suasana pelatikan anggota Panwaslu Kelurahan dan Desa Kecamatan Andoolo

Konawe Selatan, sibernas.id – Sebanyak 10 Anggota Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan dan Desa (PKD) di Kecamatan Andoolo resmi dilantik. Kegiatan tersebut bertempat di Kantor Sekretariat Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Senin, (6/2/2023.

Sebagai tonggak pengawasan di desa dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 seluruh PKD ditekankan untuk menjaga integritas dan profesionalisme dalam kerja-kerja pengawasan di wilayah masing-masing.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panwascam Andoolo Hendra usai melantik PKD yang dinyatakan lulus seleksi wawancara pada 4 Februari lalu.

Kata Hendra, dari penjaringan dan seleksi administrasi mendapatkan 25 peserta calon PKD yang siap melaju ke tahapan wawancara.Peserta calon PKD di dominasi oleh perempuan, berjumlah 15 orang dan laki-laki 10 orang.

“Seleksi wawancara kita lakukan dengan berpedoman pada instruksi bawaslu RI yang mencakup tentang visi-misi, pengetahuan tentang tugas panwaslu, etika, integritas, loyalitas dan profesionalitas. Dimana calon PKD bisa dinyatakan lulus ketika mampu memenuhi syarat yang dimaksud,” jelas Hendra.

Kata dia, setelah dilakukan tes wawancara, tiga hari setelah itu pihaknya mengumumkan PKD terpilih di wilayah Kecamatan Andoolo yang terdiri dari 2 kelurahan dan 8 desa.

“Dari hasil pleno kami dengan dua komisioner menyepakati hasil penilaian wawancara dan menentukan 10 PKD terpilih yang terdiri dari 5 perempuan dan 5 laki-laki,” terangnya.

Mantan staf komisioner itu juga berharap untuk seluruh PKD yang telah dinyatakan lulus dan dilantik untuk tetap menjaga integritas dan profesionalitas dalam bekerja.

“Integritas dan profesionalitas penyelenggara dalam mensukseskan pemilu 2024 mendatang yang paling di utamakan, sebab, pengawas kelurahan dan desa sebagai ujung tombak dalam kesuksesan iven lima tahunan itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui PKD terpilih yaitu, Kelurahan Alangga Sapril Ramadhan, Kelurahan Potoro Manto, Desa Ataku Risnul Kamar,Desa Bumiraya Agus Sugiarto, Desa Punggapu Idham Khalik, Desa Alengge Agung Misslina, Desa Lalobao Andriani Mangidi, Desa Wunduatu Mainem, Desa Lalonggambu Gusnawati dan Desa Andoolo Andi Asmita.

Kegiatan itu, dihadiri oleh staf kepala wilayah Kecamatan Andoolo, Kapolsek Andoolo, Anggota Panwaslu, Kepala Sekertariat serta staff dan jajarannya.

  • Bagikan