Bapenda Konsel Sebut PAD di Sektor Pajak Lampau Target

  • Bagikan
Nisbanurahim

Konsel, sibernas.id – Kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Konawe Selatan (Konsel) patut diberi apresiasi. Di bawah kepemimpinan Nisbanurahim pencapaian dari retribusi 11 jenis pajak daerah itu tiap tahunnya mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Bahkan dari target yang telah diberikan Pemkab bukan hanya dicapai, melainkan melampau terget.

Kepala Bapenda Konsel Nisbanurahim mengatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak pada 2022 ini telah melebihi target yakni 117,04% atau sebesar Rp 40,9 Miliar. Dari target Rp 34,9 Miliar.

“Dari pajak ini yang paling signifikan kenaikannya adalah pajak mineral bukan logam dan batuan, yang merupakan potensi yang ada di konsel, ” kata Nisbanurahim saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (28/12).

Kemudian sambung dia, Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Hotel dan pajak lainya.

” Untuk Pajak Mineral bukan logam dari target Rp 12,5 Miliar terealisasi Rp 15,5 Miliar dengan presentase 124,47%,” rincinya.

Meski kata dia, masih ada sektor objek pajak yang masih terkendala dalam pengelolaanya disebabkan karena tergolong objek pajak baru dan masih tahap sosialisasi. Namun menurutnya capaian tahun ini sudah cukup maksimal dan luar biasa. sebab, persentasenya mencapai 50%.

“Hal itu dikarenakan kurangnya tenaga kerja dan luasnya wilayah kabupaten Konsel dan masih tahap pendataan. Objek pajak baru yang dimaksud adalah Sarang Burung Walet dan Air Bawah Tanah, ” terangnya.

Kedepan tambah dia, berharap target objek pajak yang belum mencapai presentase diatas 50% dapat digenjot. Olehnya itu dia meminta kepada sektor pemerintah kecamatan untuk mendukung program peningkatan pajak.

“Tentu sinergi antara OPD dan pemerintah setempat sangat dibutuhkan. Namun, hal itu juga mesti didukung oleh regulasi yang telah di tetapkan oleh bupati untuk membantu mengawasi wajib pajak,” pungkasnya.

  • Bagikan