Disperpusip Kota Kendari Gelar Stake Holder Meeting 

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari menggelar Stake Holder Meeting yang bertajuk tema “Menggagas Sinergi Bersama Untuk Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Kota Kendari yang Aman, Nyaman, dan Bahagia. Acara ini berlangsung di Aula Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Jumat (13/9/2024).

Plt Kadis Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Kendari Aswido menyampaikan, bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkuat sinergi dan kolaborasi para pemangku kepentingan dalam membangun gerakan literasi masyarakat. Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) menjadi fokus utama sebagai upaya untuk meningkatkan literasi dan kualitas hidup masyarakat Kota Kendari.

“Sinergi ini penting untuk membahas tantangan, peluang, serta rencana tindakan keberlanjutan program TPBIS di masa mendatang,” ujarnya.

Ia juga menekankan, pentingnya dukungan stakeholder dalam memperluas keberlanjutan program ini agar perpustakaan dapat berperan lebih dalam pengembangan masyarakat.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengatakan, pentingnya perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan yang harus didukung penuh oleh berbagai pihak, seperti penggiat perpustakaan, penerbit buku, dan universitas. Menurutnya, kolaborasi ini sangat penting dalam mengembangkan koleksi buku dan meningkatkan kualitas kegiatan literasi di Kendari.

“Perpustakaan harus bisa menggelar berbagai kegiatan menarik yang mampu menarik minat baca masyarakat, seperti pelatihan keterampilan atau literasi digital,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, minat baca dan literasi di Kota Kendari dapat terus meningkat.

Diakhir acara Pj Wali Kota Kendari serahkan bantuan komputer untuk peningkatan pelayanan perpustakaan di Kelurahan Purirano.

Di akhir acara juga, dilakukan pemaparan materi yang dibawakan oleh Konsultan TPBIS Perpusnas.

  • Bagikan