Wagub Sultra Hadiri Peringatan Isra Mi’raj di Kolaka Utara 

  • Bagikan
Wagub Sultra saat memberikan sambutan pada peringatan Isra Mi'raj di Kabupaten Kolut

Kolut, sibernas.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menghadiri peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang dirangkaikan Pengukuhan Pengurus Masjid se-Kabupaten Kolut serta Wisuda santri TPA/TPQ se Kabupaten Kolut yang diselenggarakan di Lasusua, 18 Februari 2023.

Hadir pada acara tersebut, Pj. Bupati Kolaka Utara, Parinringi, Sekda Kolaka Utara, Wakil Rektor bidang kerjasama UIN Alaudin Makassar, AGH. KH. Kamaluddin Abunawas Bintang, M.Ag, mantan Bupati Kolaka Utara, Nurachman, DanDim Kolut, Kapolres Kolut, para Kepala OPD lingkup Pemkab Kolut. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh para Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda serta para kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kolut dan para santri.

Dalam sambutannya, Wagub Sultra, Lukman Abunawas  menyampaikan, rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan turut hadir pada acara ini. Rasa syukur serta apresiasi kepada Pemkab Kolut serta Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kolut yang telah menyelenggarakan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tingkat Kabupaten Kolut yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Masjid dan Wisuda Santri TPA/TPQ se-kabupaten Kolut.

Secara insplisit, Wagub Sultra memuji kepemimpinan mantan Bupati Kolaka Utara, Nurachman yang telah memimpin Kolaka Utara selama 5 tahun yang telah banyak memberi kontribusi pembangunan di Kabupaten Kolut terutama pembangunan sumber daya bercirikan Islam.

Ia juga mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki ciri yaitu pertama, amanah atau dapat dipercaya, kedua, menjadi pengayom masyarakat, ketiga, Istiqomah yaitu ciri konsisten dan kelima pemimpin harus memiliki Fathona atau kecerdasan, memiliki pendidikan sebagai pengetahuan dalam mengatur masyarkat.

“Sebagai umat beragama dan sebagai umat Nabi Muhammad SAW, kita dituntut selalu menerapkan sifat-sifat Nabi Besar Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan dunia kerja,”tuturnya.

Ia juga memberikan isyarat dengan mengatakan, sia-sialah manusia yang memiliki jabatan dan harta bila tidak dimanfaatkan dalam membantu sesama manusia, baik dalam pengambilan kebijakan maupun dalam penerapan prakteknya. Selain itu, manusia juga harus selalu menjaga hubungan antar manusia atau silaturahim.

“Insyah Allah dengan niat yang baik dan ikhlas, menjaga sopan santun dan saling menghargai, Tuhan Yang Maha Esa akan mencatat amal perbuatan kita. Sebagai pemimpin, kita dituntut menerapkan sifat Ikhlas. Ikhlas mengabdikan diri untuk membangun daerah, bangsa dan negara,”tutupnya.

Diakhir acara, Wakil Guabernur Lukman Abunawas menyerahkan bantuan kepada Pengurus DMI Kabupaten Kolut, yakni Al’Quran untuk 33 masjid yang diserahkan secara simbolis kepada Ketua DMI Kabu Kolaka Utara, Dr. Taufiq  yang juga Sekab Kolut.

  • Bagikan