Siswa MAN 1 Kendari Raih Juara 1 LCT Kimia

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Berdasarkan perolehan skor yang diperoleh, panitia menetapkan siswa MAN 1 Kendari keluar sebagai juara 1 Lomba Cepat Tepat (LCT) Kimia yang diadakan oleh Jurusan Kimia Fakultas MIPA UHO. Hal itu disampaikan langsung usai lomba di aula FMIPA UHO Kendari, Kamis (7/3/2024).

LCT merupakan salah satu cabang lomba Competition of Chemistry 2024 yang melibatkan peserta tingkat SMA Sederajat se-Indonesia Timur. Kompetisi yang mengusung tema “Know Your Youth Potential with Kompetition and Ambition to Become a Champion” tersebut berlangsung mulai tanggal 3 hingga 9 Maret 2024 dengan memperebutkan juara umum, juara 1, juara 2, dan juara 3 pada masing-masing cabang lomba.

Adapun siswa MAN 1 Kendari yang berhasil meraih juara 1 cabang Lomba LCT Kimia, yakni Muhammad Abdillah Surya (XI-5) sebagai ketua tim serta Nurlista Meytrisiana Bende (XI-3) dan Diva Novriani Puteri Irma (XI-5) sebagai anggota tim. Lomba itu diikuti sebagai salah satu bentuk impementasi pembelajaran kimia di madrasah. Bahwa indikator untuk mengukur keberhasilan pembelajaran di kelas, salah satunya melalui lomba.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkakalo menyambut bangga keberhasilan siswa-siswa MAN 1 Kendari dalam berkompetisi, termasuk raihan juara 1 pada cabang LCT Kimia kali ini. Dirinya mengatakan bahwa di MAN 1 Kendari semua siswa sangat ditekankan untuk memiliki jiwa kompetitif dan siap bersaing. Hal itu sejalan dengan visi misi MAN 1 Kendari, yakni Religius, Unggul, Populis, Kompetitif, dan Berwawasan Lingkungan.

La Tangkalalo menegaskan bahwa MAN 1 Kendari akan terus mengintensifkan pembinaan-pembinaan kepada siswa sesuai dengat minat dan bakat yang dimiliki siswa.

“MAN 1 Kendari berusaha memfasilitasi dan mengakomodasi seluruh bakat anak. Siswa yang masuk di MAN 1 Kendari, mereka akan diidentifikasi dan dibina dengan maksimal sesuai dengan potensi yang mereka miliki,” tegasnya.

Lebih lanjut, La Tangkalalo mengatakan bahwa kompetisi diikuti sebagai wadah untuk melatih siswa dalam membentuk mental aktif dan kompetitif, siap bersaing, serta inovatif dan kreatif. Bukan hanya itu, banyak sikap-sikap positif yang terbentuk sebagai dampak dari kompetisi yang diikuti, seperti kerja sama, kerja keras, berani, pantang menyerah, dan hal-hal lain yang tentunya sangat bermanfaat dalam menunjang tumbuh kembang siswa.

Senada dengan itu, Hj. Patmawati selaku guru pembina Kimia di MAN 1 Kendari, berbangga atas pencapaian yang berhasil diraih oleh siswa-siswa binaannya. Dirinya menekankan bahwa di MAN 1 Kendari, mata pelajaran Kimia bukan menjadi mata pelajaran yang dihindari siswa, melainkan telah menjadi mata pelajaran yang diminati siswa melalui desain pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan berpusat pada peserta didik.

  • Bagikan