Sekda Sultra Buka Jambore Kader PKK Tingkat Sultra di Konawe

  • Bagikan

Konawe, sibernas.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sultra yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sultra  Sultra, Drs. H Asrun Lio, membuka secara resmi Jambore Kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sultra di Lapangan Upacara Kantor Bupati Konawe, Jumat, 19 April 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Sekda Sultra; Danlanud Halu Oleo, Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sultra, Ka. BPKAD, Kadis PTSP, ⁠Kadis Kominfo Sultra, Kadispora Sultra, Ka. DPMD, Ka. BPSDM, Kadis DLH, Kadis Dukcapil, Ka. BAPENDA, Kadis Koperasi & UMKM, Karo pemerintahan, Karo kesra, Plt. Kadis kehutanan, Mewakili Kalak BPBD, perwakilan Karo umum, perwakilan Karo Adpim, Sekdis Kominfo Sultra serta turut hadir Para Bupati/Walikota se-Sultra. Disamping itu juga turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Konawe, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Sultra, Para Kepala OPD Kab. Konawe dan Pejabat terkait lainnya serta tokoh masyarakat Konawe.

Mengawali sambutan, Pj. Ketua PKK Kabupaten Konawe, Trinop Trijasari Harmin menyampaikan bahwa Tim Penggerak PKK perlu merencanakan, melaksanakan langkah kongkrit untuk memperkuat pengorganisasian atau kelembagaan PKK, sebagai lembaga masyarakat yang handal.

Selain itu, Trinop Trijasari juga mengungkapkan bahwa Jambore Kader PKK di Konawe menunggu sampai 12 tahun, dan baru terlaksana pada hari ini.

Dikesempatan yang sama, Pj. Bupati Konawe, Dr. H Harmin Ramba, dalam arahannya  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kab. Konawe karena Jambore Kader PKK dipusatkan di Konawe pada tahun 2024.

Pj. Bupati Konawe juga berharap agar pelaksanaan kegiatan tingkat Provinsi ini dapat menjadi babak awal di Kabupaten Konawe.

“Mudah-mudahan ini adalah suatu awal kegiatan Provinsi, kita punya obsesi kedepan bukan hanya ditingkat Provinsi kalau perlu di tingkat nasional,” ungkapnya.

Ia mengatakan, selaku Penjabat Bupati Konawe menyampaikan terimakasih kasih kepada Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Sultra yang telah memberikan kepercayaan Kabupaten Konawe selalu penyelenggaraan Jambore PKK.

“Tentunya harapan kami Jambore hanyalah wadah atau ivent untuk menyatukan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan, terutama kader-kader PKK se-Sultra,”harapnya.

“Didalam penguatan kelembagaan PKK tersebut harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan tim penggerak PKK itu sendiri,” tambahnya.

Pj Bupati Konawe mengatakan bahwa kebanggaan bagi Kabupaten Konawe, ini merupakan kali pertama setelah 12 tahun pelaksanaan Jambore PKK di Sulawesi Tenggara dipusatkan di Kota Padi julukan untuk Kabupaten Konawe.

“Terima kasih kepada seluruh Pemda yang mendukung PKK Kab. Konawe sehingga dapat menjadi tuan rumah pada tahun ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Provinsi Sultra, Dra. Wa Ode Munanah Asrun Lio, juga  menyampaikan terima kasih  untuk penyelenggaraan kader PKK Kab/Kota se-Sultra dan tuan rumah Kab. Konawe yang telah bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan acara ini.

Selain itu juga, angka prevalensi stunting di Sultra masih cukup tinggi yang berada di angka prevalensi stunting secara nasional,  sehingga Tim Penggerak PKK Provinsi Sultra akan menerapkan salah satu program unggulan tahun 2024 yaitu pengendalian dan penanganan masalah stunting dengan bekerja sama dan berkolaborasi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal di Provinsi Sultra.

Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sultra merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan tempat penyelenggaraan secara bergilir di Kabupaten/Kota se-Sultra dan pada tahun 2024 Kabupaten Konawe  mendapatkan giliran sebagai tuan rumah penyelenggara Jambore Kader PKK yang ke-12.

Lanjut, disampaikan bahwa Jambore kader PKK merupakan momentum yang paling strategis bagi kader-kader PKK untuk saling bersilaturahmi,  saling bertukar informasi untuk menambah wawasan,  pengetahuan dan keterampilan dan Jambore kali ini akan dilaksanakan berbagai lomba untuk mendukung pelaksanaan 10 program pokok PKK bagi pengurus dan kader-kader.

Jenis lomba yang akan dilaksanakan pada jambore kali ini yaitu:
1. Lomba parade budaya nasional
2. Lomba paduan suara
3. Lomba cerdas cermat
4. Lomba Jingle Gelari Pelangi
5. Lomba masak non-beras
6. Lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan

Bagi tim penggerak PKK atau kader PKK Kabupaten/Kota yang memperoleh juara 1 dari setiap jenis lomba akan mewakili tim penggerak PKK Provinsi Sultra pada Jambore tingkat nasional di Kota Surakarta pada tanggal 15-16 Mei Tahun 2024 mendatang.

Sebelum membuka kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Sultra, Pj. Gubernur Sultra yang diwakili Sekda Sultra dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan ini tidak terlepas dari support yang diberikan oleh para Bupati/Walikota selaku pembina dan para Ketua  Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-provinsi Sultra sehingga dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, Jambore seperti ini yang di isi dengan pelaksanaan  berbagai lomba antar kader agar dijadikan momentum yang paling berharga untuk memupuk rasa kebersamaan, mempererat hubungan silahturahmi serta menambah wawasan,  pengetahuan, keterampilan dan kreativitas para kader.

“Saya berharap agar PKK sebagai mitra pemerintah daerah di bidang pemberdayaan masyarakat agar senantiasa meningkatkan kemampuan manajerial terkait dengan peran, tugas dan fungsi serta mekanisme kegiatan yang profesional sehingga bisa mendukung kerjasama dengan organisasi PD,”harapnya.

p

Sejalan dengan tema yang diusung yaitu: ‘melalui jambore kader PKK kita tingkatkan sinergi dan kreatifitas dalam membangun keluarga berkualitas menuju masyarakat, mandiri, tangguh dan inklusif untuk mewujudkan Indonesia maju’, untuk itu perlu memberi perhatian kepada kader-kader PKK seluruh jenjang, mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Kelurahan serta desa.

Sebagai simbol dibukanya kegiatan tersebut, Sekda Sultra didampingi Pj. Ketua PKK Sultra bersama Pj. Bupati Konawe dan Pj. Ketua PKK Kab.Konawe melakukan pengguntingan pita yang mengikat balon.

  • Bagikan