Pj Wali Kota Kendari Sambut Tim Assessment Eradikasi Frambusia di Kota Kendari

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup menyambut kedatangan tim Asesmen Eradikasi Frambusia di aula Samaturu Kantor Balai Kota Kendari, Rabu (16/10/2024).

Pj Wali kota Kendari, Muhammad Yusup, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap tim yang telah memberikan kesempatan kepada kota Kendari terkait Asesmen Eradikasi Frambusia sebagai bentuk upaya pencegahan.

“Mengawali kegiatan ini saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan bangga kepada seluruh pihak dalam hal ini dinas kesehatan, rumah sakit, puskesmas dan seluruh masyarakat Kendari yang tentunya telah berjuang dan sudah bekerja keras dalam melakukan upaya-upaya pencegahan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Asesmen Eradikasi Frambusia adalah momen penting bagi kota Kendari, karena merupakan tonggak dalam perjalanan Kota Kendari menuju kota yang terbebas dari penyakit menular khususnya Frambusia.

Serta, sampai pada tahapan asesmen tersebut diketahui telah melalui beberapa upaya sehingga Kota Kendari layak dikatakan sebagai wilayah yang terbebas dari Frambusia. Adapun upaya tersebut diantaranya, memastikan tidak ada lagi temuan kasus Frambusia di seluruh fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit.

Selanjutnya, upaya penemuan kasus aktif di sekolah-sekolah serta memaksimalkan upaya sosialisasi dan edukasi terkait kasus Frambusia kepada masyarakat dan setiap sektor sebagai upaya pencegahan baik secara langsung maupun melalui media sosial dan elektronik.

Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat juga merupakan upaya pencegahan Frambusia. Pihaknya juga mengatakan ketika ditemukan gejala atau indikasi Frambusia di puskesmas akan dilakukan penanganan yang sesuai dengan prosedur dan memastikan logistik baik rapid test maupun obat tersedia cukup di masing-masing fasilitas kesehatan.

Pj Wali Kota menyampaikan terbuka terhadap saran dan masukan yang dapat memaksimalkan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kota Kendari.

“Kami juga menyadari upaya yang telah kami lakukan masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saran dan masukan akan menjadi sebuah hal yang sangat berharga sehingga bisa menjadi gambaran dalam upaya kami melakukan untuk memaksimalkan dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat kota Kendari,” katanya.

Pihaknya juga berharap hasil asesmen Kota Kendari bisa sesuai harapan serta menjadi langkah penting dan konkrit untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan dalam mendukung Indonesia tanpa Frambusia.

 

  • Bagikan