Pj Bupati Lantik Ketua Dekranasda Konawe

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba mengukuhkan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe, di aula BKPSDM, Kamis (2/11/23).

Pengurus Dekranasda Konawe yang baru dinahkodai Hj. Trinop Tijasari Harmin. Ia menggantikan Titin Nurbaya Saranani yang memimpin sebelumnya. Trinop akan menahkodai Dekranasda Konawe untuk periode 2023-2024.

Dalam sambutannya, Trinop mengungkapkan, usai pengukuhan dirinya dan pengurus Dekranasda Konawe akan langsung bergerak. Salah satu program utama Dekranasda Konawe nantinya, yakni membuat Kampung Tenun.

Trinop mengungkapkan, program Kampung Tenun dilatarbelakangi banyaknya permintaan kain tenun khas Tolaki. Selama ini, kain-kain tersebut banyak diambil dari Konawe. Ia pun berinisiatif untuk lebih mengembangkan tenunan khas di Konawe dengan program Kampung Tenun.

Tak hanya itu lanjut Trinop, keberlanjutan dari program Kampung Tenun ialah mengikuti ajang tenun tingkat provinsi. Bahkan nanti, Dekranasda Konawe siap akan memperkenalkan tenun khas Konawe pada ajang Indonesian Fashion Week.

Sementara itu, Pj. Bupati Konawe, Harmin Ramba menerangkan, TP PKK dan Dekranasda Konawe adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. TP PKK punya tugas turun ke bawah atau ke masyarakat. Sementara Dekranasda Konawe ke atas untuk cari pasar terhadap berbagai produk kerajinan.

“Kita ingin ke depannya, Dekranasda bisa jadi aset pendapatan daerah. Program Kampung Tenun harus maksimal. Kalau perlu nanti dibuatkan gerainya, yang tak hanya jual tenun, tapi semua produk kerajinan termasuk makanan olahan khas,” jelasnya.

Harmin berharap, pengurus Dekranasda Konawe tidak hanya jadi organisasi pasif, akan tetapi menjadi organisasi yang aktif dengan berbagai inovasinya.

  • Bagikan