Persiapkan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja, PT DSSP Power Kendari Career Coaching Mahasiswa UHO

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan potensi sumber daya manusia yang ada di Sulawesi Tenggara, PT DSSP Power Kendari melaksanakan program Career Coaching kepada mahasiswa fakultas Teknik Universitas Haluoleo jumat 10 Oktober lalu.

Program ini dihadiri tak kurang dari 50 orang peserta dan berlangsung bersamaan dengan engineering expo yang dilaksanakan oleh fakultas Teknik UHO di atrium mall The Park Kendari.

CSR and Government Relation PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar menyebut bahwa program ini dilakukan atas Kerjasama antara fakultas Teknik dan perusahaan dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus nanti

“Kami melihat bahwa memang untuk mempersiapkan mereka, tidak hanya butuh kemampuan hard skill, tapi juga soft skill yang sesuai dengan jalur karir yang nantinya mereka pilih, untuk itu kami hadir hari ini untuk menuntun dalam proses mereka memilih jalur karirnya masing-masing,” kata Risal.

Ia menjelaskan, perusahaan menugaskan praktisi Human Resource dalam coaching tersebut agar antara kebutuhan perusahaan dan kemampuan yang dimiliki oleh para mahasiswa dapat saling melengkapi.

“Untuk hard skill kami pikir pihak universitas telah membekali mereka dengan sangat baik, untuk itu kami lebih banyak memberikan masukan terkait soft skill seperti komunikasi, negosiasi termasuk bagaimana cara membuat CV yang baik agar menjadi pilihan teratas saat mereka menjadi pencari kerja nantinya,” sambungnya

Risal menyebut, program serupa telah dilaksanakan perusahaan secara rutin tak hanya kepada mahasiswa universitas Haluoleo tapi juga kepada siswa/siswi yang berada di sekitar lokasi perusahaan agar tak salah pilih dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi dan memberi referensi sesuai minat dan bakat mereka.

“Terkadang kami menemukan beberapa siswa atau mahasiswa telah menentukan 5 atau 10 tahun ke depan mereka ingin jadi apa, tapi mereka belum bisa memetakan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut,” sebutnya.

PT DSSP Power Kendari sendiri adalah perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2X50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan yang menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Sulawesi Tenggara melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara-Sulawesi Bagian Selatan.

  • Bagikan