Menteri Pertanian Dukung Konsep Konawe Kota Padi yang Digagas Harmin Ramba

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Mimpi besar Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM untuk menjadikan Kabupaten Konawe sebagai Kota Padi bakal menjadi kenyataan. Pasalnya, rencana Penjabat Bupati Konawe itu telah mendapat dukungan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP.

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di daerah lumbung beras Sultra, Kamis (11/1/24).

Menurut AAS, rencana Pj Bupati Konawe untuk menjadikan Kabupaten Konawe sebagai Kota Padi merupakan langkah strategis dalam memperkuat identitas Konawe sebagai pusat pertanian.

”Mengangkat citra Konawe sebagai Kota Padi bukan hanya sekadar strategi pemasaran, tetapi juga wujud komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pertanian,” kata Amran Sulaiman.

Sementara itu, Pj Bupati konawe, Harmin Ramba, mengatakan, Konawe sebagai “Konawe Kota Padi”, menekankan bahwa 80 persen masyarakat Konawe bermata pencaharian di sektor pertanian.

Menurut Pj. Bupati Harmin Ramba, luas lahan pertanian dan perkebunan mencapai 70 persen.

“Selama saya menjabat sebagai Bupati Konawe, saya berpikir bagaimana Konawe bisa tumbuh dan berkembang melalui sektor pertanian, tanpa meninggalkan sektor pertambangan,” kata Harmin.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan di Konawe akan diklasterkan menjadi 3 wilayah pertumbuhan:

Pertama, membangun pusat pertumbuhan di Kota Unaaha, dengan fokus pada sektor pertanian dalam arti luas, termasuk pertanian, perikanan, perkebunan, dan sektor-sektor pendukung lainnya.

Selanjutnya, menjadikan Konawe sebagai pusat pertumbuhan kedua di wilayah Konawe Timur Laut yang berpusat di Morosi.

Yang terakhir, menetapkan pusat pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Routa dengan fokus pada sektor baterai.

“Ketiga wilayah ini akan diintegrasikan dan disatukan. Dengan demikian, Konawe akan maju lebih baik ke depannya, Insya Allah,” katanya.

  • Bagikan