Kodim 1417 Kendari Gandeng Disdalduk dan KB Kota Kendari Dalam Pelayanan Pemasangan Alat Kontrasepsi Gratis

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Komando Distrik Militer 1417/Kendari bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB) Kota Kendari menggelar Pelayanan Pemasangan Alat Kontrasepsi Gratis dan Kegiatan Hasanudin Peduli Persit KCK Cab. L Dim 1417/Kendari Tahun 2024, berlangsung di Kodim 1417/Kendari, Kamis (17/10/2024).

Kegiatan ini, turut hadir Dandim 1417/Kendari, atau yang mewakili beserta jajaran, Ketua Persit Kodim 1417/Kendari, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Camat Kendari Barat, Kepala UPTD KB Kecamatan Kendari Barat, Kepala Poliklinik Kodim 1417 Kendari, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Disdalduk dan KB Kota Kendari Andi Dadjeng mengatakan kegiatan ini sebagian dari upaya Pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas kepada seluruh lapisan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan reproduksi.

“Melalui proses KB gratis ini kami berharap setiap keluarga dapat merencanakan dan mengatur Keluarga dengan baik, sehingga tercipta generasi yang sehat den berkualitas,”ujarnya.

Keluarga berencana, kata dia, bukan hanya sekedar program, tetapi merupakan investasi bagi masa depan. Dengan memiliki keluarga yang sehat dan terencana kita dapat memastikan bahwa setiap anak yang lahir memiliki kesempatan yang lebih baik untuk tumbuh dan berkembang.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan menjadikan KB sebagai bagian dari gaya hidup,”harapnya.

“Kegiatan ini, sangat baik dan insya Allah kami selaku Dinas yang bertanggung jawab terhadap pelayanan KB akan mendukung seluruhnya melalui pemberian pelayanan KB gratis kepada masyarakat sekitar atau Akseptor yang siap untuk melaksanakan program KB. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa melalui kegiatan seperti ini banyak masyarakat yang berpartisipasi dan mau ikut ber-KB,”tambah dia.

Dia juga mengatakan Disdalduk dan KB Kota Kendari sebagai perpanjangan tangan dari BKKBN sedang konsen untuk bagaimana melakukan edukasi ke masyarakat tentang bahaya stunting.

“Untuk itu, salah satu upaya yang kami lakukan dengan memberikan bantuan BKB KIT Stunting yaitu alat peraga edukasi berupa sarana bermain bagi balita dan keluarga yang memiliki balita terhadap pencegahan dan penanganan Stunting. Dan hari ini jugaa kami akan serahkan 1 set KBB KIT Stunting kepada Ibu Persit Kodim 1417/Kendari untuk dapat memanfaatkan segala salah satu upaya percepatan penurunan stunting,”ujarnya.

Ia menjelaskan, stunting adalah masalah serius yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Berdasarkan data yang ada stunting tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat kemampuan Kognitif anak di masa depan.

“Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk bekerja sama dalam menanggulangi masalah ini,”katanya.

Kata dia, KB KIT Stunting ini dirancang untuk memberikan informasi dan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya gizi yang seimbang dan pola asuh yang baik untuk anak-anak.

“Dengan KIT ini kami berharap orang tua dapat lebih memahami peran mereka dalam memastikan anak-anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan berkualitas,”ujarnya.

Perlu diingat, kata dia, penanganan Stunting memerlukan peran aktif dari seluruh masyarakat.

“Kami mengajak semua pihak baik pemerintah swasta maupun masyarakat untuk bersinergi dalam memberikan edukasi dan dukungan kepada orang tua dan calon pengantin. Melalui upaya bersama ini kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita,”ajaknya.

“Mari kita tingkatkan komitmen kita untuk mewujudkan keluarga yang sehat, berkualitas dan bebas dari stunting. Semoga kegiatan ini membawa manfaat yang besar bagi masyarakat dan menjadi langkah awal menuju masa depan yang lebih baik,”pungkasnya.

 

  • Bagikan