Harmin Ramba Pertegas Komitmen Membangun Konawe Sebagai Kota Padi

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Penjabat Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE., M.M., kembali menegaskan visi Kabupaten Konawe sebagai ‘Kota Padi’ dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe yang ke-64 yang berlangsung di lapangan Kantor Bupati Konawe pada Minggu (3/3/23).

Sebelumnya, dalam pembukaan Pameran Expo menjelang HUT Konawe yang diawali dengan pemukulan gong delapan kali pada Kamis (29/2/2023), Pj. Bupati Konawe, Harmin Ramba, telah menggarisbawahi tema HUT Konawe sebagai “Konawe Kota Padi”, menekankan bahwa 80 persen masyarakat Konawe bermata pencaharian di sektor pertanian.

Menurut Pj. Bupati Harmin Ramba, luas lahan pertanian dan perkebunan mencapai 70 persen.

“Selama saya menjabat sebagai Bupati Konawe, saya berpikir bagaimana Konawe bisa tumbuh dan berkembang melalui sektor pertanian, tanpa meninggalkan sektor pertambangan,” kata Harmin.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan di Konawe akan diklasterkan menjadi 3 wilayah pertumbuhan:

Pertama, membangun pusat pertumbuhan di Kota Unaaha, dengan fokus pada sektor pertanian dalam arti luas, termasuk pertanian, perikanan, perkebunan, dan sektor-sektor pendukung lainnya.

Selanjutnya, menjadikan Konawe sebagai pusat pertumbuhan kedua di wilayah Konawe Timur Laut yang berpusat di Morosi.

Yang terakhir, menetapkan pusat pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Routa dengan fokus pada sektor baterai.

“Ketiga wilayah ini akan diintegrasikan dan disatukan. Dengan demikian, Konawe akan maju lebih baik ke depannya, Insya Allah,” katanya.

Setelah upacara HUT Konawe, Pj. Bupati bersama para pejabat dari Provinsi Sultra dan pejabat lainnya mengunjungi stan pameran kuliner yang disiapkan oleh OPD Konawe.

Dukungan DPRD Konawe

Konsep Konawe Kota Padi ala Pj Bupati Konawe Harmin Ramba layaknya bakal terwujud. Pasalnya gagasan Harmin Ramba ini didukung Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Gagasan cemerlang ini juga mendapat apresiasi dari anggota DPRD Konawe.

Ketua DPRD Konawe H Ardin mengatakan, espektasi Pj Bupati Harmin Ramba yang menggagas konsep Konawe kota Padi, secara perlahan mulai dibuktikan. Salah satunya, dengan kehadiran Mentan Andi Amran Sulaiman di otorita setempat.

“Selaku perwakilan rakyat Konawe di legislatif, tentunya kami di DPRD Konawe salut dan mendukung atas kerja-kerja yang dilakukan Pj Bupati. Kami yakin impian Harmin Ramba menjadikan Konawe sebagai kota Padi, akan menjadi kenyataan,” ujarnya.

Ardin menuturkan, kunjungan Mentan Amran merupakan bentuk dukungan pengembangan sektor pertanian di Konawe. Hal ini tentu saja memberikan energi positif bagi petani, penyuluh pertanian, dan tentu saja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) itu sendiri.

“Kedatangan Mentan RI di Konawe ini, menjadi momentum atau pemantik akan peningkatan produksi pertanian. Yang mana pada akhirnya, akan meningkatkan kesejahteraan para petani dan pelaku pertanian di Konawe,” imbuh Politikus PAN itu.

Dukungan Menteri Pertanian

Mimpi besar Penjabat Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM untuk menjadikan Kabupaten Konawe sebagai Kota Padi bakal menjadi kenyataan. Pasalnya, rencana Penjabat Bupati Konawe itu telah mendapat dukungan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP.

Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja di daerah lumbung beras Sultra, Kamis 11 Januari 2024.

Menurut AAS, rencana Pj Bupati Konawe untuk menjadikan Kabupaten Konawe sebagai Kota Padi merupakan langkah strategis dalam memperkuat identitas Konawe sebagai pusat pertanian.

”Mengangkat citra Konawe sebagai Kota Padi bukan hanya sekadar strategi pemasaran, tetapi juga wujud komitmen pemerintah dalam memajukan sektor pertanian,” kata Amran Sulaiman.

  • Bagikan