Gubernur Ali Mazi Membuka Rakorda MUI Sultra

  • Bagikan
Foto bersama usai kegiatan Rakorda MUI Sultra

Kendari, sibernas.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sultra Tahun 2023 dengan Tema “Meneguhkan Peran MUI dalam merawat Ukhuwah untuk pembangunan Sultra yang Maju dan Merata”, Rakorda tersebut diselenggarakan di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Sabtu, 28 Januari 2023.

Dari Tema tersebut bermakna, bahwa MUI memiliki peran dalam membangun dan mempererat ukhuwah (hubungan persaudaraan), yakni ukhuwah islamiyah (internal umat islam), ukhuwah wathaniyah (antar sesama anak bangsa Indonesia) dan ukhuwah insyaallah (antar sesama umat manusia) dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Sultra.

Hadir pada acara tersebut selain Ketua Umum Majelis MUI Sultra, juga tampak Ketua DPRD Sultra, Forkopimda Sultra, Kabinda Sultra, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, Ka. Kanwil Kementerian Agama Sultra, Ketua dan Segenap Pengurus Wilayah MUI Sultra, Pj. Walikota Kendari, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Ketua dan Pengurus MUI Kabupaten/Kota se-Sultra, Pimpinan Ormas Islam dan Pondok Pesantren, para Alim Ulama dan Tokoh Agama serta peserta Rakorda MUI Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam 2 tahun terakhir telah dilaksanakan berbagai agenda penting dan strategis, yakni Forum Musyawarah Daerah MUI Provinsi Sultra pada Tanggal 22 Januari 2021 untuk memilih kepengurusan MUI Provinsi Sultra.

“Oleh itu, menjadi indikasi nyata adanya hubungan kemitraan dan sinergitas yang kuat antara Pemerintah Daerah dengan MUI. Saya berharap kedepan hubungan kemitraan tersebut dapat terus dirawat, dijaga dan dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi kedepannya,” tutur Ali Mazi.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada MUI yang telah membantu Pemerintah Daerah melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam mewujudkan Sultra yang berbudaya dan beriman.

Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Sultra menegaskan bahwa dengan membangun UKHUWAH yang kuat dapat menjadi modal utama dalam melakukan akselerasi pembangunan dalam mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat.

  • Bagikan