Diskominfo Kota Kendari Sosialisasikan Aplikasi Chatina pada Masyarakat Wua-Wua

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Kota Kendari menggelar sosialisasi Aplikasi Chatina di kantor Camat Wua-Wua, Jumat (11/10/2024)

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ahli IT Kominfo, Camat Wua-Wua, para Lurah lingkup kecamatan Wua-Wua, serta perangkat kelurahan kecamatan Wua-Wua

Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi Chatina ini merupakan tawaran solusi dari Dinas Kominfo untuk layanan kepada masyarakat yang lebih efisien.

“Dalam hal ini kadis Kominfo menawarkan solusi untuk memperbaiki kualitas pemberian layanan kepada masyarakat agar masyarakat kita tidak terlalu lama dalam kepengurusan serta terhindar dari biaya yang tidak semestinya melalui Chatina ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari Nismawati, menyatakan bahwa, aplikasi ini dapat menjadi solusi pemenuhan informasi bagi masyarakat terkait kepengurusan berkas dan lain-lain.

“Chatina hadir untuk memenuhi kebutuhan informasi terlebih untuk kebutuhan pengurusan dokumen dengan mudah, jadi nanti kita coba bapak ibu untuk chat dengan Chatina dan dia akan berikan infomasi yang benar sesuai aturan yang telah kita masukan ke sistem,” ujarnya.

Kadis Kominfo Kota Kendari juga berharap para perangkat kelurahan yang hadir dapat memperkenalkan Aplikasi Chatina di lingkup kelurahan masing-masing.

Perlu diketahui, Chatina merupakan aplikasi layanan publik terintegrasi berbasis digital yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan yang berfungsi memberikan informasi seputar layanan publik dengan menjawab pertanyaan masyarakat melalui chatbot yang telah terintegrasi dengan aplikasi layanan publik lainnya.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan aplikasi Chatina untuk keperluan administrasi sehari-hari sehingga dapat meningkatkan efisiensi pelayanan publik.

  • Bagikan