BKKBN Gandeng Unilever Gelar Peringatan HGN dan HUT Kampung KB

  • Bagikan

Jakarta, sibernas.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama dengan Unilever menyelenggarakan Peringatan Hari Gizi Nasional sekaligus HUT Kampung Keluarga Berkualitas dengan tema “Semakin Dekat dengan Generasi Indonesia Emas melalui Gerakan #KebaikanIsiPiringku dimulai dari Rumah dan Program Kampung Keluarga Berkualitas” yang dilaksanakan di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Senayan pada Jumat (27/01).

Kerjasama BKKBN dengan Unilever melalui kolaborasi program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dengan program Nutrimenu di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) untuk pencegahan dan penanganan stunting sudah dilaksanakan sejak Tahun 2022 diawali dengan 6 Kabupaten/Kota di 6 Provinsi di pulau Jawa dan akan dilanjutkan pada Tahun 2023 untuk 9 Provinsi dengan prioritas luar pulau Jawa yang tinggi angka prevalensi stuntingnya.

“Kami, BKKBN, sangat bersyukur dapat support dari Unilever, lebih khusus kepada Royco, yang sudah hari ini mengadakan acara ini, dan sudah menyusun buku menu 21 hari yang memudahkan ibu-ibu semua untuk Menyusun menu harian dengan formasi dan rumus sesuai isi piringku, terutama para kader Dashat yang nantinya akan memberi pengajaran kepada ibu-ibu kita Kampung KB masing-masing desa”, ujar Dr. Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc, Dip.Com, PLKB Utama BKKBN.

“Dashat ini salah satu aktifitas yang dilaksanakan oleh kader, yang alhamdulillah di Indonesia sudah ada 2.500 Dapur Sehat Atasi Stunting yang ada di Kampung KB, untuk mengedukasi dan memberdayakan ibu-ibu di desa, jangan cuma masak tapi juga harus bergizi”, tambahnya

Adapun Kampung KB sudah ada 19.882 di seluruh Indonesia, menurut Dani, BKKBN masih perlu mengejar target tahun ini harus ada 40.000 Kampung KB.

Amaryllis Esti Wijono, Nutrition Indonesia Vice President. Board of Director PT. Unilever Indonesia, Tbk mengatakan bahwa “Royco nutrimenu mengajak para ibu untuk mengikuti kalender menu 21 hari dengan menyajikan berbagai hidangan Indonesia yang bergizi, seimbang, lezat rasanya dan mudah dijangkau untuk keluarga dirumah. Hari ini diadakan juga salah satu program training the trainer yang fokus pada pembekalan juga edukasi kader Dashat dimana para kader belajar memasak isi piringku”.

“Royco menegaskan komitmen untuk mendampingi dan menginspirasi menu lezat dan bernutrisi untuk keluarga melalui program edukasi nutrisi seimbang yang sesuai dengan pedoman isi piringku yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, program ini di harapkan dapat membantu program pemerintah untuk menekan angka prevalensi Stunting di Indonesia menjadi 14% di Tahun 2024 guna menutup visi besar Indonesia emas akan sumber daya manusia unggul di Tahun 2045”, ujarnya lagi.

Menteri Kesehatan, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, berpendapat bahwa “Mencegah stunting harus dimulai dari keluarga, salah satu caranya dengan membiasakan makan makanan yang bergizi sesuai isi piringku, kalau kita bisa mencegah stunting, Indonesia akan memiliki SDM yang unggul karena stunting menghasilkan anak yang bodoh”.

Menurut dr. Diana F Suganda, Sp. Gk, M.Kes, Dokter Spesialis Gizi Klinik, “Untuk pencegahan Stunting sendiri, gizi diperhatikan jauh sebelum ibu hamil, bahkan sejak si ibu masih remaja, asupan remaja putri menentukan keturunannya kelak, sejak remaja atur gizinya agar siap mengandung mengurus bayi, sebelum merencanakan kehamilan asupan bergizi seperti asam folat dan lain sebagainya, komposisi makanan itu penting”.

Selain itu dr. Diana mengatakan bahwa, “Kebutuhan energi, kalori, protein setiap orang berbeda, ada hitungannya untuk wanita denga tinggi badan sekian kebutuhan kalorinya berapa, proteinnya berapa, begitu juga dengan wanita hamil, kebutuhan disetiap trimester berbeda, Kemenkes sudah membuat menjadi lebih mudah denga isi piringku, tetapi untuk ibu hamil dan menyusui isi piringku agak bergeser, di perbanyak di protein, terutama protein hewani, karena gizi ibu hamil dan menyusui berpengaruh ke gizi anak”.

Turut hadir dalam kegiatan Hari Gizi dan HUT Kampung KB Tahun 2023 ini perwakilan Menko PMK, Perwakilan MenPP dan PA, Mendikbud yang juga memberikan statement melalui video dan Nagita Slavina yang berbagi tips menu MPASI sehat kepada kader Dashat.

  • Bagikan