Puluhan Pegawai Non-ASN Dinas Damkar Konsel Ikuti Pelatihan Dasar

  • Bagikan
Foto bersama disela-sela kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Konsel

Konawe Selatan, sibernas.id – Sebanyak 62 Pegawai Non ASN lingkup Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) petugas pemadam.

Kegiatan itu dibuka langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, didampingi oleh Kadis Damkar Hasran Parenda, turut hadir Inspektur Daerah Narlian, Sekban BKPSDM Rahmat, Instruktur Basarnas Kota Kendari Taufan Perdana serta para pelatih dan staf Damkar konsel. Bertempat di aula Islamic Center Andoolo, Senin, 6 Januari 2023.

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga dalam sambutannya mengatakan kegiatan Latsar ini sejalan dengan tujuan RPJMD Konsel tahun 2021-2026 yang lebih memfokuskan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Tentunya semua ini sejalan dengan visi misi kita semua dalam upaya mengedepankan aspek pelayanan publik guna mewujudkan desa maju konsel hebat,” ungkapnya.

Menurutnya, petugas pemadam kebakaran sebagai insan yang menjalankan tugas yang sangat mulia. Ditengah masyarakat harus mampu menunjukan kualitas kinerja yang baik dan mampu menjadi pilar terdepan dalam rangka menjalankan fungsi pencegahan, pemadaman dan penyelamatan korban.

“Disamping itu petugas pemadam juga harus terus mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi dan adanya ancaman bencana baik bencana kebakaran dan bencana non kebakaran lainnya,” katanya.

Olehnya itu, mantan Ketua DPRD Konsel ini berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tetap mematuhi segala peraturan yang berlaku dalam kegiatan pelatihan.

“Kepada seluruh peserta latsar untuk tetap fokus dalam mengikuti materi-materi dari instruktur,” pintanya.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Konsel Hasran Parenda mengatakan kegiatan latsar ini merupakan upaya dalam peningkatan kapasitas dan kualitas SDM Aparatur, baik secara fisik, mental dan jasmani.

Salah satu upaya tersebut lanjut Hasran, adalah melalui kegiatan pelatihan Petugas Pemadam Kebakaran dalam rangka menanamkan sikap kesiapsiagaan terhadap adanya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG).

“Dalam menjalankan tugas dan fungsi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan xinsx pobyket dalam melakukan Pencegahan, Pemadaman dan Penyelamatan, maka dibutuhkan upaya yang terus menerus,” kata Hasran.

Hasran menjelaskan latsar, Pemadam Kebakaran bertujuan untuk memberikan pembekalan, pengetahuan dan melatih setiap personil. ” Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Konawe Selatan, khususnya dalam menanamkan sikap kesiapsiagaan terhadap adanya ancaman, tantangan,” jelas Hasran.

Ketua Panitia Latsar Armunanto menjelaskan kegiatan latsar ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan metode pembelajaran 24 jam yang dimulai tanggal 6-7 Februari 2023.

“Kegiatan pelatihan ini sebelumnya telah diawali dengan kegiatan pelatihan Jasmani meliputi pelatihan PBB dan pembekalan teknis lainnya,” terang Armunanto dalam laporannya.

Dimana kata Armunanto, Peserta latsar Petugas Pemadam Kebakaran terdiri atas Pegawai Non ASN Lingkup Damkar dan Penyelamatan sebanyak 62 orang dengan kategori peserta, laki laki sebanyak 48 orang dan Perempuan sebanyak 14 Orang.

“Narasumber dan Instruktur kegatan terdiri atas. Basarnas Kendari, BKSDA Sulawesi Tenggara, Kesbangpol konsel dan BKPSDM Konsel,” bebernya.

Armunanto, menambahkan bahwa kegiatan Pelatihan Petugas Pemadam Kebakaran Tahun 2023 di kelompokan dalarn dua jenis kegiatan yaitu Metode In Class dan Out Class.

“Meliputi metode Ceramah dimana peserta akan dibekali dengan materi Petugas Pemadam Kebakaran dalam bentuk ceramah, dialog dan tanya jawab.
Metode Praktek Lapangan dimana peserta akan dibekali dengan praktek langsung di lapangan yang dipandu oleh Instruktur dan Metode Permainan Kelompok, dimana peserta akan diberikan materi permainan kelompok guna mendidik dan membudayakan sifat kebersamaan dan Jiwa Korsa,” pungkasnya.

  • Bagikan