Program Studi D-III Teknologi Elektro-Medis Lakukan PKM di Desa Wawatu Moramo Utara

  • Bagikan

Konsel, sibernas.id – Program Study D-III Teknologi Elektro-Medis melalukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), bertempat di Balai Desa Wawatu, Rabu 22 Mei 2024.

Desa Wawatu ini adalah binaan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap semester oleh para dosen di Prodi D-III Teknologi Elektro-Medis.

Kegiatan PKM merupakan salah satu Tridharma perguruan tinggi yang wajib di lakukan oleh setiap dosen selain mengajar dan kegiatan penelitian.

Kegiatan PKM meliputi kegiatan sosialisasi alat-alat Kesehatan hasil penelitian dosen di Prodi D-III TEM. Salah satu sosialisasi alat Kesehatan yang dilakukan oleh Muhamammad Sainal Abidin, S.Si., M.Si selaku ketua PKM dan Desak Ketut Sutiari, S.Si., M.Si selaku Anggota.

Kegiatan ini juga melibatkan 1 orang mahasiswa sebagai anggota PKM atas nama Sandi Pratama. Alat yang di sosialisasikan adalah Kalkulator IMT dengan struk hasil pengukuran.

Alat ini dapat mengukur Indeks massa Tubuh (IMT) secara otomatis dengan memasukan data tinggi, jenis kelamin dan umur seseorang.

Melalui timbangan ini seseorang mengetahui apakah tubuh mereka memiliki IMT kurang, normal atau tinggi, selain itu hasil pengukuran berat dan IMT mereka tersimpan dan dapat di print melalui struk yang tersedia.
Memberikan pengetahuan tentang menjaga Indeks Massa Tubuh (IMT) kepada masyarakat sangatlah penting.

IMT adalah sebuah ukuran untuk mengetahui status gizi seseorang yang diperoleh dari perbandingan berat badan dan tinggi seseorang yang disesuaikan dengan umur dan jenis kelaminnya.

Melalui nilai IMT dapat diketahui satu gizi tubuh seseorang normal atau tidak. Berat badan ideal penting selalu dijaga agar masyarakat terhindar dari penyakit metabolik, tidak memicu munculnya penyakit yang sudaha ada dan dapat menghindari kematian prematur.

Kepala Desa Wawatu Ibu Santi mengungkapkan sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini karena dapat memberikan informasi tentang alat kesehatan dan tentang standar kesehatan melalui pengukuran Indeks Massa Tubuh, sehingga masyarakat menyadari pentingnya menjaga IMT dan tetap berada pada ukuran tubuh yang optimal.

Selain itu, dia juga berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan kedepannya karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini juga di barengi dengan kegiatan Prodi lainnya yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi.

  • Bagikan