Wali Kota Kendari Lantik 61 Pejabat Administrator dan Pengawas

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Wali Kota Kendari Siska Karina Imran, mulai melakukan penyegaran birokrasi dengan melantik dan mengambil sumpah jabatan 61 pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Kendari, Jumat (11/4/2025).

Usai melantik, Wali Kota menegaskan dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini telah melalui prosedur yang sah dan mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri. Para pejabat yang dilantik terdiri dari kepala bagian sekretariat, camat, sekretaris dinas, serta kepala bidang dari berbagai Organisasi Perangkat zDaerah (OPD) di lingkup Pemkot Kendari.

“Bekerjalah dengan Iklas tanpa tekanan dan tanpa paksaan, ingat tanggung jawab ada dipundak kita, sumpah kita yang jalani dan kita yang bertanggung jawab,”tegasnya.

Ia menekankan bahwa rotasi dan mutasi merupakan hal wajar dalam pemerintahan sebagai bagian dari pembinaan karir, peningkatan kapasitas kelembagaan, serta regenerasi kepemimpinan di tengah dinamika organisasi.

“Ada di antara kita yang telah menjabat lebih dari tiga tahun, dan ada pula yang harus naik jabatan karena kebutuhan organisasi. Tidak boleh egois dalam birokrasi. Kita juga harus menyiapkan regenerasi, karena beberapa kepala OPD akan segera memasuki masa pensiun,” jelasnya.

Wali Kota juga menyentil persoalan netralitas ASN dalam tahun politik. Ia mengingatkan agar para pejabat yang sebelumnya terlibat politik praktis dapat kembali ke jalur profesionalisme.

“Kalau sesuai aturan harusnya dikenai sanksi administratif, tapi sebagai manusia kita harus beri ruang untuk berubah. Yang penting, niatnya kembali bekerja secara profesional,” tambahnya.

Berikut beberapa pejabat yang dilantik diantaranya  Camat Kadia Hasman Dani, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Satriawan Abu Yasid, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan M. Azhar, serta Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Adi Irfan.

Selain itu, turut dilantik Munafri sebagai Kepala Bidang Pengawasan Pendapatan Daerah Bapenda, Bahdar Letehina sebagai Sekretaris Badan Kesbangpol, Hariani sebagai Sekretaris Dinas Sosial, dan Jayadi sebagai Sekretaris Dinas PUPR, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Ahriawandy dan Kabag Umum DPRD Kota Kendari Dasril Yamin.

Pelantikan ini menjadi langkah konkret Pemkot Kendari dalam mewujudkan birokrasi yang profesional, adaptif, dan mampu menjawab tantangan pelayanan publik ke depan. Wali Kota berharap para pejabat yang baru dilantik mampu bekerja cepat, responsif, dan loyal terhadap amanah yang diberikan.

  • Bagikan