Moment Harganas, Kepala BKKBN: Mari Cegah Terjadinya Perceraian

  • Bagikan

Jakarta, Sibernas.id – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr. Hasto Wardoyo menekankan pentingnya pasangan mencegah perceraian untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas pada momen Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31.

“Curahkan perasaan pakai rasa, bukan logika. Bukan argumen, tetapi sentimen, agar keluarga kita tenteram. Saya berpesan di Hari Keluarga Nasional ini, mari mencegah terjadinya perceraian,” kata Hasto dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (26/6/24).

Ia juga menekankan pentingnya menjalin komunikasi keluarga yang baik agar angka perceraian dapat diturunkan.

“Perceraian dianggap menjadi salah satu biang kerok kesejahteraan keluarga menjadi memburuk. Potensi pembangunan keluarga berkualitas juga akan semakin rendah karena perceraian. Maka, hal itu harus bisa dicegah, termasuk melalui satu langkah yaitu komunikasi dalam keluarga,” ujar dia.

Dalam rangkaian memperingati Harganas ke-31 pada 29 Juni 2024, Hasto juga berdiskusi bersama 500 Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dan mengajak para kader TPK untuk mengingat kembali delapan fungsi keluarga.

Delapan fungsi keluarga yang digaungkan BKKBN yakni fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta pembinaan lingkungan.

“Keluarga berkualitas itu penting, supaya bisa betul-betul menopang kehidupan dan harus cerdas. Keluarga yang dianggap berkualitas itu adalah keluarga yang tenteram, mandiri dan bahagia,” tuturnya.

  • Bagikan