Kadin Sultra Bersama Pemda Buton Tengah Bangun Sinergi Jaga Stabilitas Harga Melalui Pasar Murah

  • Bagikan

Buteng, Sibernas.id – Pemerintah terus berupaya menekan inflasi salah satunya dengan menyelenggarakan Pasar Murah ditengah masyarakat. Pasar murah menjadi salah satu implementasi dari gerakan stabilisasi pangan ditengah tingginya harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat.

Pasar Murah ini memberikan prioritas utama untuk menjaga pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan meningkatkan daya beli masyarakat di lapisan bawah.

Langkah Kadin Sulawesi Tenggara bersama Pemerintah Buton Tengah dalam menekan angka inflasi dengan menghadirkan Pasar Murah dan Penyaluran Bantuan Berasn yang secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, yang berlangsung di Lombe, 18 April 2023.

Gubernur Ali Mazi menyambut baik dan mengapresiasi langkah positif dan responsif Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah, bekerjasama dengan Perum Bulog Baubau, PT Pos Indonesia, Kadin Sultra dan pihak penyedia barang kebutuhan pokok, melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahun 2023 dan Pasar Murah di Buton Tengah.

“Saya menilai, kegiatan Penyaluran Bantuan Beras dan Pasar Murah yang diselenggarakan saat ini momentumnya sangat strategis, karena sebagai salah satu solusi untuk membantu mengurangi beban hidup masyarakat, utamanya masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan harga yang relatif terjangkau, sekaligus sebagai langkah pengendalian harga-harga barang kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1444 Hijriyah / 2023 Masehi,” kata Gubernur Ali Mazi.

Sementara itu, Pj Bupati Buteng Muhammad Yusuf menyampaikan terima kasih kepada Kadin Sultra dan BUMN atas kerjasamanya serta perhatian dan kepeduliannya pada daerah dan masyarakat dengan mengadakan pasar murah, apalagi dalam suasana ramadhan dan idul fitri dimana kebutuhan masyarakat akan sembako sangat tinggi.

Dalam kesempatan terpisah Pj Bupati Buteng akan mengfasilitasi pembentukan pengurus Kadin Buteng dan sudah disampaikan pada Ketua Kadin Sultra Anton Timbang.

Sebelumnya, Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan viralnya kegiatan pasar murah di Sulawesi Tenggara membuat beberapa bupati menginginkan kegiatan tersebut digelar di daerahnya masing-masing.

“Beberapa bupati menginginkan kegiatan pasar murah ini juga di daerahya. Sepert Pj Bupati Buton Tengah yang ingin melaksanakan pasar murah tanggal 18 April. Kemudian Bupati Bombana dan Kolaka Timur. Permintaan tersebut segera kita laksanakan, bahkan kalau bisa sebelum idul Fitri sudah bisa dilaksanakan.”

Untuk diketahui, pasar murah ini merupakan agenda rutin Kadin Sulawesi Tenggara, sejak dipimpin Anton Timbang, pelaksanaannya pun tidak hanya dilakukan saat Ramadhan ataupun menjelang Hari Raya Idul Fitri, tetapi juga hari-hari besar lainnya, namun pelaksanannya hanya di kawasan kantor Kadin Sulawesi Tenggara atau MTQ.

Di Kota Kendari, Kadin Sulawesi Tenggara bersama Perumda dan Pemkot Kendari akan menggelar pasar murah yakni, di Pasar Lapulu, Baruga, Punggolaka, dan Nambo. Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang berharap dengan adanya kegiatan pasar murah ini dapat membantu masyarakat dan bisa berkontribusi dalam rangka pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Tahun 2023 dan Pasar Murah di Buton Tengah dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio; Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Tengah; Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah; Anggota Forkopimda Kabupaten Buton Tengah; Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sultra, yang sempat hadir; Sekretaris Daerah dan Para Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Tengah; Pimpinan Perum Bulog Baubau, Pimpinan PT Pos Indonesia dan Pimpinan Instansi Lainnya Lingkup Wilayah Kabupaten Buton Tengah; Anggota TPID dan Satgas Pangan Kab. Buton Tengah; Pimpinan Lembaga/Ormas se-Kabupaten Buton Tengah; Para Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Buton Tengah dan Mewakili Ketua Kadin Sultra Sukarni yang didampingi Ketum Kadin Baubau Alexander Simon.

  • Bagikan