Distan Kota Kendari Lakukan Panen Jagung di Kelurahan Baruga

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kendari melalui Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari melakukan panen jagung milik petani di Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (16/10/2024).

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Sahuriyanto Meronda sangat bersyukur karena program gerakan tanam pemanfaatan lahan kosong dan pekarangan berbasis kawasan atau gerak tangkas di Kota Kendari terus berkembang dan berhasil.

“Alhmdulillah, hari ini terbukti dan berhasil lagi untuk program gerak tangkas ini. Saya masih ingat 2 bulan 10 hari lalu saya sendiri yang datang menanam disini luasnya sekitar 1 hektare dan pada hari ini (Rabu) sudah berhasil dipanen,” ujarnya.

Dia berharap kedepannya lahan ini masih bisa dikembangkan atau dilanjutkan, karena program gerakan tangkas ini, program berkelanjutan, semua sarana dan prasarananya Dinas Pertanian Kota Kendari yang menyediakan.

“Kami dari Dinas Pertanian Kota Kendari menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan petani, seperti alsintannya (Alat dan Mesin Pertanian), benihnya dan pemupukannya bahkan sampai pasca panen, dalam hal ini marketingnya, Insyaallah kita akan dampingi sampai titik itu,”katanya.

Dia mengatakan, lahan kosong yang ada di Kota Kendari sekitar 75 hektare, dari jumlah itu sudah ada setengah yang sudah tertangani atau dibuka, artinya kedepan bisa tertangani seluruhnya lahan-lahan kosong itu.

“Komoditi yang ditanam petani atau masyarakat ini bukan hanya jagung, tapi kita juga tomat, cabai, kacang dan timun, kita lihat posisi inflasi yang berpengaruh terhadap inflasi di Kota Kendari itulah yang kita budidayakan, menyediakan stoknya di Kota Kendari supaya tersedia supaya harga itu tetap stabil,”ungkapnya.

Hasil panennya itu, tambah dia, selain di konsumsi oleh petani atau masyarakat itu sendiri bisa juga dipasarkan, bahkan dibeberapa tempat itu sudah di sediakan lapaknya.

  • Bagikan