Distan Kendari dan BMKG Sultra Gelar Sekolah Lapangan Iklim Operasional Tahun 2024

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Sekolah Lapang Iklim Operasional tahun 2024 dengan tema “Paham Informasi Iklim, Panen Setiap Musim”, bertempat di Kantor BPP Kecamatan Baruga, Rabu (3/7/2024).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Distan Kota Kendari Sahuriyanto yang diwakili oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Pertanian Kota Kendari Asriati Lio, SP., MM. Adapun pesertanya berjumlah 30 orang, terdiri dari 25 orang petani wilayah Baruga dan 5 orang penyuluh BPP Baruga. Dan dihadirkan beberapa orang narasumber pada kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Sekdis Pertanian Kota Kendari Asriati Lio, SP., MM mengatakan kegiatan Sekolah Lapangan Iklim Operasional ini merupakan langkah nyata dari komitmen kita bersama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

“Kita semua telah merasakan sendiri dampak dari perubahan iklim yang semakin tidak terduga, musim tanam yang tidak menentu, cuaca ekstrem yang mengancam hasil panen, serta berbagai tantangan lainnya terjadi ujian berat kita dalam menjaga keberlanjutan usaha pertanian,”ujarnya.

Melalui Sekolah Lapangan Iklim ini, sambung dia, kita memiliki kesempatan emas untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan kita dalam mengelola pertanian lebih secara adaptif terhadap perusahaan iklim. Kita akan belajar bersama-sama tentang teknik-teknik terbaru dalam pengembangan sumber daya alam berkelanjutan, strategi adaptasi yang efektif, dan praktek-praktek terbaik untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim terhadap usaha pertanian kita.

“Lebih dari itu, sekolah lapangan ini merupakan salah satu wadah bagi kita saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sesama petani, serta membangun solidaritas dalam menghadapi tantangan yang sama,”katanya.

Dia yakin, dengan semangat kebersamaan dan kerja sama yang kuat antara pemerintah, masyarakat dan seluruh stakeholder terkait, kita mampu menciptakan solusi-solusi inovatif yang akan membawa perubahan positif bagi sektor pertanian kita.

“Sebelum saya akhiri sambutan ini, mari kita komitmen untuk mengoptimalkan semua momen dalam Sekolah Lapangan Iklim Operasional ini dengan semangat belajar yang tinggi. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas hidup kita, memperkuat ketahanan pangan kita, dan mewujudkan pertanian yang lebih berkelanjutan,”ajaknya.

“Mari kita bersama-sama menjaga kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan kita. Semoga acara ini menjadi awal yang baik dalam perjalanan kita menuju pertanian yang lebih tangguh di era perubahan ini,”tambahnya.

  • Bagikan