Dinas Pertanian Kendari bersama Jurusan Agribisnis UHO teken MoU Tentang Pengembangan SDM

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Dinas Pertanian Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama pihak Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO), melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandung of Understanding (MoU) tentang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan kerjasama pengembangan sumber daya manusia di bidang pertanian.

Penandatanganan MoU tersebut dilakuikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Sahuriyanto Meronda SP MM dan ketua Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, Dr Ilma Sarimustaqiyma Rianse, SP., M.Sc, disaksikan oleh Dekan Fakultas Pertanian UHO Prof. Dr. Ir. Marsuki Iswandi, M.Si bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kendari, Jumat (14/6/24).

Maksud dari perjanjian kerjasama ini adalah sebagai pedoman para pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam mendukung pelaksanaan kegiatan/program kerja Dinas Pertanian Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara yang terkait dengan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan dari perjanjian ini adalah untuk memenuhi kepentingan kedua pihak dalam ikatan yang memberikan kemanfaatan bersama, rasa aman dan memiliki kepastian hukum dalam rangka mendukung tugas dan fungsi masing-masing.

Sedangkan ruang lingkup dari perjanjian kerjasama ini meliputi Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran berupa pemagangan dan pelaksanaan tugas akhir mahasiswa, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bersama-sama. Sharing sumberdaya manusia, diantaranya sebagai narasumber pada berbagai kegiatan ilmiah di lembaga para pihak.

Kegiatan lain disepakati oleh Dins Pertanian sesuai tugas dan fungsi para pihak berdasarkan ketentuan peraturan perundang undangan. Bersama-sama kedua belah pihak mengembangkan bidang pertanian di Kota Kendari pada aspek budidaya sampai pada pemasaran.

Dalam MoU ini, pihak Dinas Pertanian Kendari mempunyai hak menggunakan fasilitas dan melibatkan sumber daya manusia dari Jrusan Agribisnis untuk pengembangan kompetensi pegawai/staf Dinas Pertanian Kota Kendari, serta diikutsertakan dalam kegiatankegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh pihak kedua (seminar, lokakarya, pelatihan khusus dan pertemuan ilmiah lain).

Sedangkan pihak Jurusan Agribisnis mempunyai hak menggunakan fasilitas dan melibatkan sumber daya manusia Dinas Pertanian untuk kegiatan magang mahasiswa dan kegiatan penelitian serta Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kadis Pertanian Kendari, Sahuriyanto mengatakan, dengan adanya perjanjian kerjasama ini sangat mendukung program bapak Pj Wali Kota Kendari dalam pemanfaatan lahan kosong yang ada di Kota Kendari dan pencanangan gerakan menanam di pekarangan.

Kegiatan penandatanganan MoU ini juga dirangkaikan dengan penarikan Mahasiswa Magang dari Fakultas Pertanian UHO

  • Bagikan