Sekjen Kemenag Buka Giat Optimalisasi Transformasi Digital Kemenag, Muh. Saleh: Kemenag Sultra Siap Sukseskan Digitalisasi Layanan

  • Bagikan

Denpasar, Sibernas.id – Biro Humas, Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama RI melalui Tim Tekhnologi Informasi dan Komunikasi menggelar kegiatan Optimalisasi Penerapan Transformasi Digital Kementerian Agama yang dibuka oleh Sekjen Kemenag RI, H. Muhammad Ali Ramdhani dan dihadiri Kakanwil Kemenag Sultra, H. Muhamad Saleh, di Harris Hotel dan Residences Sunset Road, Bali.

Kegiatan yang berlangsung dari Tanggal 4 hingga 8 Oktober 2024 ini mengundang para Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia, Kepala Biro di lingkungan Setjen Kemwnag RI, serta para Pelaksana Tekhnis TIK dari seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemenag RI, H Muhammad Ali Ramdhani yang di dampingi Kepala Biro HDI Kemenag RI, H. Akhmad Fauzin, dalam arahannya menjelaskan bahwa transformasi digital Kementerian Agama melibatkan tiga komponen utama: struktur, kultur, dan sumber daya (Resources).

“Jika kita berbicara tentang digitalisasi, kata kuncinya adalah better, faster, system, dan simple. Proses kerja harus lebih cepat, lebih baik, namun tetap terstruktur dan sederhana,” ungkap Ramdhani.

Ia juga menyampaikan perlunya perubahan budaya kerja agar sejalan dengan perkembangan teknologi.

“Ini bukan hanya soal adopsi teknologi, tapi bagaimana kita mengubah cara kerja dan pola pikir di lingkungan kerja Kementerian Agama.” jelas Sekjen.

Sebelumnya Stafsus Menteri Agama Bidang Image Building Media dan Pengembangan IT Kemenag RI, H Wibowo Prasetyo menegaskan bahwa digitalisasi dalam layanan publik sudah menjadi suatu keharusan.

“Kementerian Agama terus berinovasi dan melakukan penyesuaian dengan teknologi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Transformasi digital ini harus menjadi fokus kita untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dan dinamis,” ucapnya.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sultra, H. Muhamad Saleh yang menghadiri secara langsung kegiatan ini mengatakan Kanwil Kemenag Sultra siap melaksanakan seluruh program dengan memanfaatkan layanan teknologi dan informasi.

Menurutnya pemanfaatan IT saat ini menjadi sebuah keharusan demi mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat.

“Kegiatan ini menjadi langkah strategis bagi Kementerian Agama dan khususnya di Sultra dalam rangka digitalisasi pelayanan yang prima bagi masyarakat dengan berpedoman pada 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama yang terelaborasi dalam kultur gerakan Kemenag Sultra ACTION. Bekerja cepat dan tepat dengan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

  • Bagikan