Tingkatkan Ekonomi Perempuan Kreatif dan UMKM, IWAPI Sultra Gelar Rakerda II

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Mewakili Penjabat (P) Gubernur Sultra, Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara, LM Ali Haswandy, membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) II DPD IWAPI Provinsi Sultra< berlangsung disalah satu hotel di Kota Kendari, Senin, 22 Juni 2024.

Rakerda II IWAPI Sultra ini dihadiri Ketua Umum DPP IWAPI Pusat Ir. Nita Yudi beserta rombongan, yaitu Wakil Ketua I DPP IWAPI dan Ketua Korlap Organisasi DPP IWAPI. Selain pengurus pusat, Rakerda II ini juga dihadiri oleh Direktur Eksekutif KADIN Sultra dan Tina Nur Alam dan tak terkecuali pengurus DPD IWAPI Sultra serta Ketua dan pengurus DPC IWAPI Kabupaten/Kota se-Sultra.

Tujuan pelaksanaan Rakerda II IWAPI Sultra ini, untuk mengevaluasi kinerja yang telah dicapai dan merumuskan strategi serta program kerja IWAPI Sultra. Rakerda II ini mengusung tema “Meningkatkan Peran IWAPI didalam Peningkatan Ekonomi Perempuan Kreatif dan UMKM yang Sejahtera untuk Indonesia Maju”

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyampaikan bahwa Rakerda II ini akan menyusun rencana dan strategi yang akan menjadi peta jalan untuk IWAPI di Sulawesi Tenggara dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang dimasa depan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPD IWAPI Sultra mengatakan “Rakerda ini merupakan momentum yang penting untuk mengevaluasi kinerja yang telah dicapai sekaligus merumuskan strategis program kerja kedepan”. Lanjut disampaikan bahwa kehadiran pengurus DPD dan DPC IWAPI bersama-sama berdiskusi dan menemukan solusi terbaik berbagai tantangan dimasa depan.

“Sebagai pengusaha wanita kita memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi daerah dan nasional, saya berharap dapat memperkuat kolaborasi, meningkatkan kompetensi dan memperluas jaringan usaha. Saya juga menekankan pentingnya inovasi, adaptasi dalam menghadapi perubahan yang semakin cepat di era digital ini sehingga teknologi memberikan peluang besar serta dituntut untuk selalu siap dalam belajar, berinovasi dan beradaptasi agar dapat terus bersaing dan berkembang,” ucap Rinna Diazella.

Lanjutnya, ia mengatakan tantangan yang masih melekat di perempuan pengusaha adalah teknologi digitalisasi, tahun 2016 telah melakukan kerja sama dengan Facebook serta Google dan telah roadshow ke-19 daerah di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP IWAPI Pusat Nita Yudi mengatakan bahwa IWAPI telah berdiri 49 tahun yaitu pada tanggal 10 Februari 1975, tahun depan usianya mencapai setengah abad (50 tahun), sehingga IWAPI sudah berada di 34 Provinsi dan siap untuk pemekaran DPD IWAPI Papua Barat Daya.

“Konsisten kami dalam hal pemberdayaan ekonomi perempuan, maka kami dipercaya oleh Pemerintah sebagai organisasi yang dibentuk oleh ASEAN khusus untuk perempuan pengusahanya,” jelas Nita Yudi.

“IWAPI ini dipercaya oleh pemerintah karna memang kita anggotanya kurang lebih 30.000 personil, sehingga 98% UMKM merupakan tulang punggung ekonomi pada saat krisis moneter tahun 1998,”tambah dia.

Nita Yudi berharap Rakerda tidak sekedar seremoni, namun dapat menghasilkan program serta rekomendasi yang dibutuhkan oleh seluruh DPC se-Sultra baik internal maupun eksternal, yang kemudian disampaikan pada Rakernas ke-III IWAPI yang akan diadakan di Malaysia pada tanggal 21-25 September 2024. Pada Rakernas III diperlukan mempersiapkan program kerja.

Dikesempatan yang sama, Pj Gubernur Sultra yang dibacakan oleh Kadis Nakertrans Provinsi Sultra, menyampaikan salam hangat dan ucapan selamat dari Pj. Gubernur Sultra kepada seluruh anggota Organisasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Sulawesi Tenggara ( IWAPI Sultra).

Dia juga menyampaikan bahwa, wanita memiliki peran penting dalam kehidupan, tidak hanya berperan sebagai seorang Ibu dan Istri, wanita juga ikut andil dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kontribusi wanita sangat diperlukan untuk membangun masyarakat yang maju, adil dan sejahtera serta mendidik generasi penerus bangsa.

Lanjut, Indonesia emas 2045 merupakan cita-cita Indonesia untuk memperingati 100 tahun kemerdekaannya, Pemerintah telah menetapkan target pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030 melalui rencana pembangunan jangka menengah nasional. Untuk itu, peran perempuan Indonesia sebagai agen perubahan tidak dapat diabaikan dalam upaya pencapaian tujuan tersebut.

Kegiatan Rakerda IWAPI II Sultra menjadi momen penting bagi para anggota untuk mengevaluasi kinerja para anggota IWAPI dan menyusun kembali program-program kerja kedepannya, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim bagi para anggota IWAPI se-Sultra.

“Harapan Kita semua dengan diadakannya kegiatan Rakerda IWAPI Sultra dapat membantu daya juang dan meningkatnya kemapanan, para perempuan di Sulawesi Tenggara melalui hasil karya dan program-program kerja yang telah disusun,” paparnya.

Pemerintah Sulawesi Tenggara mengapresiasi dan mendukung IWAPI sebagai organisasi yang memiliki peran dalam membantu perempuan pengusaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis dalam peningkatan kesejahteraan perempuan dan penguasa perempuan di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara.

“Harapan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan para pengurus serta dapat meningkatkan kinerja pengurus dalam mencapai tujuan organisasi,”harapnya.

Pada acara ini juga, panitia memberikan penghargaan bagi DPC. IWAPI. Adapun kategorinya adalah DPC IWAPI TELADAN dan PENGUSAHA PEREMPUAN BERPRESTASI. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor: 021/DPD Sultra IWAPI/7/2024 tentang Penetapan DPC IWAPI Teladan tingkat Provinsi tahun 2023-2024 diberikan kepada DPC IWAPI Kab. Kolaka dan berdasarkan SK nomor 022/DPD Sultra IWAPI/6/2024 Untuk PENGUSAHA PEREMPUAN BERPRESTASI diberikan kepada Ketua DPC. IWAPI Kab. Kolaka Timur, hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua I DPD IWAPI Sultra, Ibu Indra Maulana. Pemberian penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Umum DPP IWAPI Pusat didampingi Ketua Umum DPD IWAPI Sultra.

  • Bagikan