25 Pasang Calon Duta Genre Sultra Meriahkan Opening Ceremony 

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Sebanyak 25 pasang putra-putri usia remaja siap berkompetisi dalam ajang pemilihan duta genre tahun 2024.

Acara opening ceremony digelar oleh Tim Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting (KKPS) BKKBN Sultra di halaman fortune grand hall hotel fortune Kendari, Selasa, (23/4/2024).

Acara tersebut dibuka oleh Plh. Kepala Perwakilan, Mustakim. Selain peserta pemilihan duta genre, turut hadir ketua Tim Kerja KPPS beserta jajarannya, para Kepala Bidang Adpin dan Dalduk Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dari 13 Kabupaten/Kota, juga para senior duta genre beberapa tahun ke belakang.

Dalam mengawali sambutannya, Plh. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sultra, Mustakim, terlebih dahulu membacakan pantunnya yang dibuatnya sendiri secara mendadak: “Makan bakso campur bihun/ Badan segar sehat sentosa/ Selamat HUT GENRE 8 tahun/
Semoga anggotanya sukses semua.

Pantun kedua: “Jika dipuji jangan lekas GR/
Hadapkan sj hati pada Tuhan/ Pegang terus triad KRR/ Demi suksesnya masa depan.

Selanjutnya, dalam sambutannya Mustakim menyampaikan 3 obat menu genre yang terdiri: 1. Hindari Narkotika Alkohol Psikotropika can Zat Adiktif lainnya (NAPZA) atau narkoba; 2. Hindari nikah dini dan; 3. Hindari seks pranikah.

“Jika ketiga hal tersebut dijadikan obat, artinya para remaja dan adik-adik semua dapat menghindarinya insya Allah akan memiliki spirit dan semangat dalam meraih cita-cita di masa depan,”ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Mustakim, meskipun ketiga hal tersebut sudah dapat kita hindari tentu masih membutuhkan semangat lain yakni bersungguh-sungguh dalam dalam belajar atau bekerja atau meraih cita-cita. Makanya ada pesan bijak dari Nabi Muhammad “man jadda wa jada” atau siapa yang bersungguh-sungguh pasti dapat!

Selain sambutan, dalam acara opening tersebut juga diadakan pemotongan tumpeng oleh Plh. Kelala Perwakilan yang didampingi Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting, Agus Salim.

Tari khas Sulawesi Tenggara dan tampilan perdana dari 25 pasang kompetitor calon duta genre dari berbagai daerah di Sultra. Meskipun jumlah kabupaten/kota yang mengikuti ajang ini hanya 13 kabupaten/kota, namun ada beberapa kabupaten/kota yang mengirimkan kandidatnya lebih dari 1 pasang. Bahkan dari Kota Kendari menghadirkan 7 pasang kandidat.

  • Bagikan