Serikat Tani Buton Utara Dukung Hugua Jadi Gubernur Sultra 2024

  • Bagikan

Buton Utara, sibernas.id – Gabungan kelompok tani di Buton Utara membentuk serikat tani dalam rangka mendukung dan memenangkan Hugua sebagai Calon Gubernur Sultra 2024.

“Bagi kami, serikat ini untuk mengenalkan Pak Hugua ke masyarakat pada Pilgub Sultra 2024,” kata Koordinator Serikat Tani Buton Utara untuk Hugua, La Ode Marlin, Sabtu (04/05/2024).

Marlin mengatakan aspirasi di desa-desa, khususnya Buton Utara sangat menginginkan Hugua menjadi Gubernur Sultra 2024 dan mereka siap  bergerak membantu memperkuat dukungan suara masyarakat untuk Hugua nantinya.

“Dukungan ini dilakukan oleh masyarakat bawah atau akar rumput karena sosok Pak Hugua yang dekat dengan para petani, jasa beliau untuk kami sangat besar” ungkapnya.

Marlin menceritakan bahwa Hugua sudah membantu para petani di Buton Utara dan sekitarnya sudah sejak tahun 1990 sampai sekarang melalui LSM Sintesa dan Yayasan Bina Insani.

“Melalui LSM nya beliau membangun koperasi simpan-pinjam untuk petani, nelayan dan ibu-ibu rumah tangga, selanjutnya beliau juga membangun sarana air bersih dan sanitasi desa, yang paling populer hingga sekarang adalah program pembinaan petani terhadap budidaya tanaman  nilam dan teknik penyulingan minyak nilam, sekaligus disediakan pemasarannya” ungkapnya.

Pada program tersebut, lanjut Marlin, melalui Yayasan Sintesa kelompok tani dibantu bibit nilam dan juga pembangunan banyak ketel penyulingan dan juga memfasilitasi pemasaran minyak nilam hasil produksi  petani. Program-program tersebut sangat bermanfaat pada pengembangan ekonomi masyarakat setempat dan masih bergulir hingga sekarang.

“Program-program tersebut didukung oleh lembaga donor dari Jerman” kata Marlin.

Ia mengatakan Hugua merupakan sosok pemimpin yang cocok untuk masyarakat Sultra dan selama ini sudah membuktikan kepeduliannya melalui program-program sosialnya dan juga Hugua mampu berkiprah mengkonsolidasikan dana-dana hibah kemanusiaan dari luar negeri dan terbukti telah ia dedikasikan ke seluruh kabupaten/kota se Sultra.

“Pak Hugua sudah membuktikan kinerjanya bahkan jauh sebelum Pilkada, yang dia berikan bukan lagi janji tapi bukti nyata kepada kami, beliau sosok gubernur yang ideal” tegasnya.

Marlin mengatakan Serikat Tani Buton Utara ini kan bergerak mensosialisasikan Hugua ke masyarakat di desa-desa.

“Kami akan bergerak dari desa ke desa, menyampaikan kepada masyarakat agar mendukung Pak Hugua sebagai Gubernur Sultra” tandasnya.

  • Bagikan