Sekda Konawe Resmikan Aplikasi SRIKANDI 

  • Bagikan
Konawe, Sibernas.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi pengelolaan arsip, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Konawe menggelar kegiatan sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Kegiatan ini diresmikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe, DR. Ferdinand Sapaan, SP, MH., Kamis (12/9/2024), di salah satu hotel di Kecamatan Unaaha.

Aplikasi SRIKANDI diluncurkan sebagai bagian dari komitmen Kabupaten Konawe dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat digitalisasi pengelolaan arsip di seluruh OPD, kecamatan, hingga desa/kelurahan di Konawe.

Dalam sambutannya, Sekda Konawe Ferdinand Sapaan menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi SRIKANDI memungkinkan proses administrasi dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat, memperkuat koordinasi antar OPD.

“Dengan SRIKANDI, kinerja aparatur pemerintah akan lebih efisien dan mendukung penghematan penggunaan kertas,” ujar Ferdinand.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Kadis Perpustakaan dan Arsip Musakkir Alqifli, Kadis Kominfo Muh. Akib Ras, serta sejumlah kepala OPD lainnya. Mereka menyatakan siap mendukung implementasi aplikasi ini dalam rangka mewujudkan tata kelola arsip yang lebih modern dan efektif.

Selain itu, Musakkir Alqifli menekankan bahwa SRIKANDI merupakan langkah konkret untuk meningkatkan pelayanan publik serta mendukung reformasi birokrasi di Kabupaten Konawe.

“Aplikasi ini akan mempermudah proses pengarsipan dan pencarian data menjadi lebih terorganisir, efisien, dan akurat,” jelasnya.

Dengan peluncuran ini, Pemerintah Kabupaten Konawe optimistis dapat memajukan tata kelola arsip dan memperbaiki hasil evaluasi kinerja di bidang kearsipan.

  • Bagikan