Pemprov Sultra Terima Sapi Kurban dari Presiden Jokowi

  • Bagikan

Buton, sibernas.id – Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Yuni Nurmalawati, mengikuti secara virtual Zoom Meeting yang dipimpin langsung Sekretariat Kepresidenan pada Rapat Koordinasi (Rakor) penyerahan bantuan kemasyarakatan berupa sapi kepada seluruh Pemerintah Provinsi se-Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, di Ruang Rapat Bupati Buton, Selasa, 27 Juni 2023.

Hadir dalam Rapat tersebut Asisten II Sultra didampingi Distanak Sultra, Kadis Ketapang, Kadis Kominfo Sultra diwakili Kabid Persandian, Sekda Buton, Asisten I, Kadis Kominfo Buton, Sekdis Pertanian dan Kabid.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sultra, La Ode Muh Rusdin Jaya, mengatakan Gubernur Sultra akan kurban satu ekor sapi dengan bobot 300 kg, berusia 3 tahun dengan harga Rp. 35 juta berasal dari Konawe Selatan (Konsel), Kecamatan Konda.

Satu ekor sapi sumbangan Presiden RI, Joko Widodo berjenis jantan kurang lebih satu ton yang dibeli seharga Rp.100 juta. Rencana pemotongan sapi dari Presiden dan Gubernur akan dilaksanakan di Mesjid Nurul Huda Kecamatan Pasarwajo, Desa Banabungi, Kabupaten Buton.

Di kesempatan yang sama, Kepala Distanak Sultra La Ode Muhammad Rusdin Jaya menyebutkan bahwa saat ini pihaknya sudah memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih mulai dari kasus penyakit mulut dan kuku (PMK), yang diketahui bahwa menyerang hewan kurban, seperti sapi atau kambing.

“Sapi kurban bantuan dari Presiden RI tahun ini, masih sama dengan tahun lalu. Alhamdulilah sapinya sehat, karna itu adalah sapi pilihan yang sudah dipilih oleh tim Kepresidenan RI,”ungkapnya.

  • Bagikan