Jasa Raharja Mengikuti Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2025 di Surabaya, Siap Berikan Perlindungan dan Pelayanan Terbaik bagi Masyarakat selama Idul Fitri 2025

  • Bagikan

Jakarta, Sibernas.id – Sebagai BUMN yang menjadi salah satu stakeholder dari Operasi Ketupat 2025, PT Jasa Raharja mengikuti pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2025 yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Kamis, 20 Maret 2025.

Apel ini merupakan langkah awal dalam memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana, serta memperkuat sinergi dengan para stakeholder terkait guna menjamin arus mudik dan balik Idulfitri 2025 dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar.

Turut hadir dalam apel ini sejumlah pejabat tinggi negara, di antaranya adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mewakili Menteri Perhubungan RI Wamenhub Suntana, mewakili Menko Bidang Politik dan Keamanan RI Sesmenko Polkam Letjen TNI Mochammad Hasan, mewakili Menteri Perdagangan RI Irjen Kemendag Komjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, mewakili Menteri Pekerjaan Umum RI Kepala BPJT Miftachul Munir, Kepala BNPT Komjen Pol. Eddy Hartono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rudy Saladin.

Dalam amanatnya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa pemerintah memprediksi bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 28—30 Maret 2025 dan puncak arus balik pada tanggal 5—7 April 2025. Untuk itu, Operasi Ketupat 2025 yang mengangkat tagline ‘Mudik Aman, Keluarga Nyaman’ akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia mulai 23 Maret hingga 8 April 2025 di 8 Polda prioritas dan 26 Maret hingga 8 April 2025 di 28 Polda lainnya di
Indonesia.

“Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat selama libur Idulfitri 2025 ini mencapai 146,48 juta orang atau 52% dari total populasi Indonesia. Untuk memastikan keamanan, kelancaran, dan kenyamanan perjalanan masyarakat selama Idulfitri 2025, operasi ini akan melibatkan 164.298 personel gabungan yang akan menempati 2.835 pos, terdiri dari 1.738 pos pengamanan, 788 pos pelayanan, serta 309 pos terpadu sebagai pusat informasi dan pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik, berbagai strategi rekayasa lalu lintas telah disiapkan, termasuk pemberlakuan sistem ganjil-genap, contra flow, dan one-way system berdasarkan analisis real-time dan berkala dari pantauan CCTV, traffic counting, dan laporan petugas di lapangan. Selain itu, sistem delaying, buffer zone, ticket screening, dan pemberlakuan pola operasi kapal tiba-bongkar-berangkat akan diterapkan di pelabuhan penyeberangan untuk menghindari kepadatan yang berlebihan.

Kapolri juga menekankan pentingnya pelayanan yang humanis dan responsif kepada masyarakat selama Operasi Ketupat 2025 berlangsung. “Berikan edukasi dan imbauan kepada pengemudi untuk istirahat sejenak guna menghindari microsleep. Lakukan pengecekan kesehatan pengemudi, kondisi kendaraan, kesiapan rambu-rambu dan lampu penerangan, serta siagakan personel di titik-titik rawan kecelakaan,” tambahnya.

Sebagai salah satu stakeholder dalam Operasi Ketupat 2025, PT Jasa Raharja turut berpartisipasi dalam pengamanan arus mudik. Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono menyampaikan harapannya agar perjalanan mudik tahun ini berjalan aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Pencanangan Operasi Ketupat ini untuk memastikan seluruh personel yang bertugas di lebih dari 2.500 pos yang tersebar di seluruh Indonesia siap melayani masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan mudik. Ada lebih dari 309 posko bersama, 22 di antaranya adalah posko yang akan ditempati atau dijaga oleh Insan Jasa Raharja. Harapan saya, semua bertugas dalam kondisi sehat dalam melayani masyarakat Indonesia. Semoga arus mudik dan balik pada Idulfitri 2025 ini akan berlangsung aman, nyaman, dan seluruh masyarakat dapat menjaga ketertiban lalu lintas dan berkeselamatan,” ujar Rivan.

Sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik Idulfitri, PT Jasa Raharja terus berupaya memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan hadirnya Insan Jasa Raharja di posko-posko di berbagai titik strategis, diharapkan pemudik dapat memperoleh akses cepat terhadap informasi dan layanan yang diperlukan.

  • Bagikan