Ikuti Kejurnas Shorinji Kempo RUC 2024, Kontingen Buton Utara Raih 4 Medali

  • Bagikan
Kontingen Buton Utara

Sulsel, Sibernas.id – Kontingen Dojo Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menyabet empat medali pada Kejuaran Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Rektor Unhas Cup (RUC) XVI di GOR Unhas Makassar, mulai 7-9 Juni 2024.

Pelatih Kontingen Buton Utara, Kumala Nur Hamiru, mengatakan empat medali yang diraih kontingen Buton Utara tersebut terdiri dua medali emas, 1 medali perak, dan satu medali perunggu.

Dua medali emas tersebut dipersembahkan atlet atas nama Nayla Ayu Rahmadani kls 40 kg putri remaja, dan medali emas kedua dipersembahkan oleh atlet atas nama Lilis Mutiara kls 50 kg putri remaja.

Sedangkan satu medali perak dipersembahkan oleh Muh Ibrahim kls 45 kg remaja putra, dan medali perunggu dipersembahkan oleh atlet atas nama Hasriadin kls 55 kg dewasa putra.

Senpai Kumala menyebutkan pada kejuaraan kali ini, Kontingen Dojo Buton Utara menurunkan 10 atlet dan 2 offisial mengikuti 10 kelas, terdiri 8 kelas randori dan 1 kelas embu berpasangan putri remaja.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama kepada Bupati Buton Utara sekaligus sebagai ketua KONI Buton Utara, Pihak Dispora Buton Utara dan Ketua PERKEMI Buton Utara sempai Zainal Arifin, SE, M.S. Serta doa orang tua atlet dan masyarakat Buton Utara sehingga atlet yang berlaga bisa mempersembahkan medali dan membuat harum nama daerah,” katanya.

Adapun nama atlet kelas randori yakni Hasriadin kls 55 kg putra dewasa, Muh Ibrahim kls 45 kg putra remaja, Nayla Ayu Rahmadani kls 40 kg putri remaja, Nabila S kls 50 kg putri dewasa, Lilis Mutiara kls 50 kg putri remaja, Aditiya Pratama kls 60 kg putri, Neza Wildayanti kls 45 kg putri, Aric Zulfikar Lareso kls 55 kg putri.

Untuk diketahui, sebanyak 356 atlet dari berbagai daerah di Nusantara, bersaing menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Piala Rektor Unhas XVI di GOR Unhas Makassar, 7-9 Juni 2024.

Ketua panitia kejurnas Andi Nia di Makassar, Jumat, mengatakan ratusan atlet berasal dari 31 kontingen atau Dojo (perguruan) diantaranya dari Sorong Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Samarinda (Kaltim), UGM, Universitas Pattimura (Unpatti), Dojo Malang Jawa Timur, Bali, Dojo Lanud Halim Perdanakusuma.

Selanjutnya dari wilayah Sulawesi diantaranya Dojo Unsultra Kendari, Dojo SMAN 7 Kendari, Dojo Buton Utara, Dojo Buton Selatan, Manado (Sulut), Majene (Sulbar) serta Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Pinrang, Barru dan lainnya.

“Ratusan peserta akan tampil di 37 nomor pertandingan baik kategori randori (pertarungan) dan embu (jurus). Untuk pertandingannya sudah dimulai sebelum shalat Jumat, setelah pembukaan oleh Rektor Unhas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para peserta kejurnas memperebutkan sebanyak 61 medali emas, 61 perak dan 80 medali perunggu.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, mengaku bangga dan bersyukur kejurnas ini mendapatkan respon tinggi dari para perguruan dari berbagai daerah.

“Saya dengar ada kontingen dari Aceh, bahkan yang terjauh seperti Papua dan Papua Barat, juga ambil bagian pada kejurnas Rektor Unhas Cup 2024 ini,” kata dia.

Menurut dia, meski tujuan utama adalah mencapai prestasi di tingkat nasional, namun kejurnas ini merupakan momentum bagi seluruh kontingen memperkuat tali persaudaraan.

“Apalagi kita baru saja menghadapi Pilkada, Pileg dan Pilpres. Kita harapkan dengan kejurnas ini, kita kembali memperkokoh persaudaraan sesama anak bangsa,” katanya.

  • Bagikan