Dojo Buton Selatan Sukses Persembahkan 2 Medali di Kejurnas Shorinji Kempo RUC XVI Makassar

  • Bagikan
Atlet Buton Selatan peraih medali perak

Sulsel, Sibernas.id – Kontingen Dojo Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses mempersembahkan dua medali pada Kejuaran Nasional (Kejurnas) Shorinji Kempo Rektor Unhas Cup (RUC) XVI di GOR Unhas Makassar, mulai 7-9 Juni 2024.

Richal yang merupakan manager kontingen Dojo Buton Selatan mengatakan, dua medali yang diraih kontingen Buton Selatan tersebut terdiri 1 medali perak dan satu medali perunggu.

“Satu medali perak dipersembahkan atlet atas nama RISMAN AGIM kls 50-55 Remaja putra, sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh atlet atas nama LA ANGGA kls 45-50 Remaja putra,” kata Richal yang didampingi oleh pelatih Dojo Buton Selatan Senpai Ridwan.

Disebutkan, Kontingen Dojo Buton Selatan menurunkan 10 atlet dan 2 offisial pada kejurnas tersebut dan mengikuti 10 kelas.

Adapun nama atlet yang diturunkan dalam kejuaraan tersebut yakni untuk randori dewasa adalah Iksanuddin Badjo Kls 55 Kg Putra Dewasa, Ikfan Kls 60 kg Putra Dewasa, Sinta Pertiwi Kls 55 Kg Dewasa Putri, Nur Ainun Kls 65 Kg Dewasa Putri dan Rasinda Fatmawati Kls 60 Kg Dewasa Putri.

Kemudian untuk Randori Pelajar yakni Ridho M Rezky Kls 60 Kg Pelajar putra, Ega Wati Kls 60 Kg Pelajar Putri, Laode Muhamad Riyan Kls 60 Kg Pelajar Putra, Risman Agim Kls 55 Kg Pelajar Putra, La Angga Kls 45 Kg Pelajar Putra.

Untuk diketahui, sebanyak 356 atlet dari berbagai daerah di Nusantara, bersaing menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Piala Rektor Unhas XVI di GOR Unhas Makassar, 7-9 Juni 2024.

Ketua panitia kejurnas Andi Nia di Makassar, Jumat, mengatakan ratusan atlet berasal dari 31 kontingen atau Dojo (perguruan) diantaranya dari Sorong Papua Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Samarinda (Kaltim), UGM, Universitas Pattimura (Unpatti), Dojo Malang Jawa Timur, Bali, Dojo Lanud Halim Perdanakusuma.

Atlet Buton Sel;atan peraih Medali perunggu

Selanjutnya dari wilayah Sulawesi diantaranya Dojo Unsultra Kendari, Dojo SMAN 7 Kendari, Dojo Buton Utara, Dojo Buton Selatan, Manado (Sulut), Majene (Sulbar) serta Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Pinrang, Barru dan lainnya.

“Ratusan peserta akan tampil di 37 nomor pertandingan baik kategori randori (pertarungan) dan embu (jurus). Untuk pertandingannya sudah dimulai sebelum shalat Jumat, setelah pembukaan oleh Rektor Unhas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, para peserta kejurnas memperebutkan sebanyak 61 medali emas, 61 perak dan 80 medali perunggu.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, mengaku bangga dan bersyukur kejurnas ini mendapatkan respon tinggi dari para perguruan dari berbagai daerah.

“Saya dengar ada kontingen dari Aceh, bahkan yang terjauh seperti Papua dan Papua Barat, juga ambil bagian pada kejurnas Rektor Unhas Cup 2024 ini,” kata dia.

Menurut dia, meski tujuan utama adalah mencapai prestasi di tingkat nasional, namun kejurnas ini merupakan momentum bagi seluruh kontingen memperkuat tali persaudaraan.

“Apalagi kita baru saja menghadapi Pilkada, Pileg dan Pilpres. Kita harapkan dengan kejurnas ini, kita kembali memperkokoh persaudaraan sesama anak bangsa,” katanya.

  • Bagikan