Demi Turunkan Angka Stunting, Istri Pj Bupati Busel Ikuti Masak di Dashat

  • Bagikan

Busel, sibernas.id – Ibu ketua Tim Penggerak PKK yang juga istri dari Pj. Bupati Buton Selatan, Iffah Parinringi, hadir sebagai pemateri dalam kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (dashat) di Balai Desa Lapandewa Jaya, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan.

Pelaksanaan dashat yang dirangkaikan dengan kegiatan fasilitasi pembimbingan, pengembangan dan penguatan penyiapan pengasuhan 1000 HPK tersebut diikuti oleh sekitar 90-an peserta dan dihadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kadis Kesehatan Buton Selatan, serta Camat Lapandewa.

Turut juga meramaikan pelaksanaan dashat rombongan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara dibawah komando Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ir. Darmawan, M.P.W, juga Ketua Tim Kerja Hubungan Antar Lembaga Advokasi Komunikasi Informasi Edukasi dan Kehumasan (HALAKIEMAS) Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra, Mustakim.

Menurut salahsatu anggota tim dari DP3PPKB Provinsi Sultra , Adil, yang juga hadir di Lapandewa bersama rekan lainnya menyebutkan bahwa peserta sebanyak itu (90-an orang) adalah karena adanya kolaborasi antara pelaksana kegiatan dashat di Kabupaten Buton Selatan dengan kegiatan yang dibawa oleh DP3APPKB Provinsi Sultra yakni kegiatan “Fasilitasi Pembimbingan Pengembangan dan Penguatan Penyiapan Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (100O HPK)” yang juga menghadirkan 4 nara sumber.

Dalam pemaparan materinya, Iffah Parinringi banyak mengulas tentang pentingnya asupan gizi yang harus diberikan kepada ibu-ibu hamil dan anak baduta.

“Penyebab utama stunting adalah kurangnya gizi yang dikonsumsi oleh para ibu hamil dan anak-anak usia bawah 2 tahun secara lama atau kronis. Itulah sebabnya ibu-ibu di Buton Selatan, khususnya di Kecamatan Lapandewa, harus dipastikan memahami tentang pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK),” tegasnya yang disambut antusias seluruh peserta.

Pemateri lainnya dalam kegiatan dashat tersebut adalah Ibu Ketua Dharma Wanita Buton Selatan, Yuniar Budiman yang tidak lain adalah ibu/istri Sekretaris Daerah Buton Selatan.

Saat menyampaikan materinya Yuniar disambut semangat oleh seluruh peserta, karena disela-sela pemberian materinya Ibu Yuniar tak segan-segan memberikan pertanyaan kepada peserta dan yang bisa menjawab pertanyaannya ia kasih hadiah uang tunai 50 ribu rupiah.

Tentu saja cara penyajian materi yang dilakukannya memberi spirit kepada seluruh peserta. Bahkan yang awalnya ngantuk-ngantuk atau bengong-bengong berubah menjadi serius mendengarkan pemaparannya.

Selesai memberikan materi, baik Ibu Pj. Bupati maupun Ibu Sekda juga didampingi pejabat lain yang hadir (al. Kadis PPKB, Kadis Kesehatan Buton Selatan, Camat Lapandewa, Kabid PPKB Dinas P3APPKB dan Ketua Tim Kerja HALAKIEMAS BKKBN Provinsi Sultra, dan para anggota TP PKK, Dharma Wanita dan para Kader Kecamatan Lapandewa) melakukan praktek memasak. Secara bergiliran mereka satu persatu praktek membuat bola-bola tahu yang berisi daun kelor plus telur ayam. Kemudian memasak sayur bayam bening campur potongan jagung dan wortel, memasak ikan dan ayam goreng, serta menyiapkan buah-buahan.

Setelah semuanya selesai dan siap saji, acara dilanjutkan penyerahan seluruh menu masakan tersebut kepada para ibu hamil, para perempuan calon pengantin, anak-anak balita yang sudah hadir dalam ruangan Aula Kantor Desa Lapandewa Jaya.

 

  • Bagikan