Bulan Depan, MTQ ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konsel Akan Digelar di Konda

  • Bagikan

Konsel, sibernas.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konsel tahun 2024, berlangsung di Kantor Bupati Konsel, Jumat (23/2/2024).

Rapat persiapan tersebut dipimpin langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga didampingi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Konsel, Ketua FKUB Konsel, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konsel, Kabag Kesra Konsel dan Camat se-kabupaten Konsel.

Dalam rapat itu disampaikan bahwa MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Kosel akan diselenggarakan di Kecamatan Konda pada 5-8 Maret 2024.

Dikesempatan itu, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dalam arahannya meminta untuk seluruh stakeholder terkait ambil peran dalam mensukseskan pelaksanaan MTQ tersebut.

“Saya meminta seluruh pihak untuk mempersiapkan keseluruhannya, mulai dari arus lalu lintas saat karnaval. Berkoordinasi dengan Polresta Kendari untuk keamanan,”pintanya.

Meski waktu persiapan yang begitu singkat, Surunuddin mengajak seluruh masyarakat ikut memeriahkan seleksi Tilawatil Qur’an yang nantinya akan mewakili Konawe Selatan di tingkat provinsi hingga nasional.

“Dalam sisa waktu ini, kita harus benar-benar mematangkan persiapan dan kita ingin MTQ ini semeriah mungkin serta ajang seleksi untuk tingkat provinsi nantinya,” imbuhnya.

Dia harapkan kerja sama yang baik untuk mempersiapkan qoriah-qoriah supaya potensi di Konawe Selatan ini kelihatan.

Sementara itu, Camat Konda, Harlin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya untuk menjadi tuan rumah pergelaran MTQ tingkat Kabupaten Konawe Selatan.

“Insha Allah sejak ditunjuk kepada kami, akan kami laksanakan dan sukseskan MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Konsel,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut penunjukan tersebut, Harlin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam mempersiapkan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Konawe Selatan.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala desa, KUA dan Polsek serta stakeholder di kecamatan Konda. Kami juga menyiapkan posko, melakukan pembersihan di seluruh desa dan pembersihan di area pelaksanaan MTQ,” pungkasnya.

Untuk diketahui, lomba yang akan dipertandingkan di MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Konawe Selatan diantaranya:
1. Cabang seni baca Al-qur’an gol tartil dan tilawah anak-anak, remaja, dewasa dan cacat netra putra-putri.
2. Cabang qiraat Al-qur’an gol qira’at wujawwad dewas, qira’at murottal dewasa dan remaja putra-putri.
3. Cabang hafalan Al-qur’an gol 1 juz dan 5 juz dan tilawah putra-putri, gol 10, 20 dan 30 juz putra-putri.
4. Cabang tafsir Al-qur’an gol bahasa arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris putra-putri.
5. Cabang fahmil Al-qur’an beregu putra-putri.
6. Cabang syarhil Al-qur’an beregu putra-putri.

 

  • Bagikan