Tingkatkan PAD, Pj Wali Kota Kendari Imbau PKL Kembali Berjualan di Pasar

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menjaga ketertiban serta kebersihan kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengimbau kepada seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan di pasar-pasar resmi yang telah disediakan.

Orang nomor satu di Kota Kendari itu menegaskan, kebijakan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi pasar-pasar yang ada di Kota Kendari, dengan berjualan di pasar resmi, diharapkan para pedagang dapat meningkatkan omset mereka.

“Oleh karena itu, supaya pasar ini ramai kita tertibkan orang-orang yang ada di luar. Apa yang kita lakukan ini bagian untuk meningkatkan PAD, untuk meramaikan pasar,” jelasnya, saat rapat mingguan optimalisasi PAD di Balai Kota Kendari, Senin (10/6/2024).

Untuk itu, Yusup meminta Satuan Tugas (Satgas) Penertiban yang dipimpin oleh Asisten I Pemkot Kendari, Amir Hasan guna menertibkan PKL yang berjualan dipingir jalan.

“Salah satu yang paling efektif untuk meningkatkan kegiatan pasar ini kita tertibkan PKL yang ada dipinggir jalan, suruh masuk ke pasar. Oleh karena itu tugas satgas harus betul-betul diintensifkan dan jangan bosan-bosannya melakukan penertiban di lapangan,”katanya.

Untuk meningkatkan PAD pasar ini, Kepala BPBD Sultra itu berharap Camat dan Lurah melibatkan RT/RW untuk mensosialisasikan kepada PKL di wilayahnya masing-masing.

Berdasarkan data pemasukan dari PAD pasar terbilang kecil, disebabkan oleh pedagang yang tidak lagi berjualan di dalam lingkungan pasar.

“Bapak/ibu lurah saya minta selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat utamanya terkait para pedagang-pedagang ini. Coba liat berdasarkan laporan kita cukup kecil, karena apa para pedagang ini sudah berjualan di luar di pinggir jalan,” jelasnya.

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Kendari yang bertanggung jawab atas pemungutan pajak, terus berupaya meningkatkan kinerja mereka demi mengoptimalkan pendapatan daerah. Berbagai inovasi dan kolaborasi lintas sektor dilakukan untuk mencapai target tersebut.

Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi tersebut, diharapkan OPD pemungut pajak di Kota Kendari dapat terus meningkatkan kinerja mereka, sehingga pendapatan daerah dapat optimal dan digunakan untuk pembangunan yang lebih baik.

“Saya melihat beberapa OPD sebagai pemungut PAD ini sudah menunjukkan tren yang cukup tapi tentunya harus ditingkatkan. Di sisi lain ada beberapa OPD sebagai pemungut PAD ini ternyata belum sama sekali mencapai target di bulan ini, tolong ini terus dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan PAD, karena ini juga berdampak pada pembangunan,” harapnya.

  • Bagikan