Kakanwil Kemenag Sultra Ikuti Rapat Persiapan Penyambutan Kedatangan Jamaah Haji Tahun 2024 Secara Virtual

  • Bagikan

Kendari, sibernaa.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Muhamad Saleh secara virtual mengikuti Rapat Persiapan Penyambutan Kedatangan Jamaah Haji Tahun 2024, Jumat (21/6/2024).

Rapat ini dipimpin Plh. Sekjen Kemenag RI, Suyitno dan dihadiri Plh. Dirjen PHU Kemenag RI serta para Kepala Kantor Wilayah Kemenag se Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi lebih baik dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

“Saya melihat dan juga setelah saya bertanya ke berbagai pihak, juga kepada jamaah mereka berkesimpulan ya, secara umum penyelenggaraan ibadah haji tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas di Makkah, Arab Saudi, Kamis.

Penyelenggaraan Ibadah haji yang semakin baik ini juga diapresiasi oleh Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto.

Yandri beranggapan, seluruh proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 mulai dari persiapan di tanah air, pemberangkatan jamaah dan puncak haji, jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Saya pantau juga di pos-pos kesehatan serapan obat yang dipakai sekitar 50 persen, artinya banyak orang sehat. Artinya, gagasan Istithaah kesehatan dari Kemenag membuahkan hasil. Terimakasih kepada Kementerian Agama, Pemerintah Saudi, Petugas dan Jamaah haji yang sudah melakukan kerjasama yang sangat baik,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara H Muhamad Saleh yang juga selaku Ketua PPIH Provinsi Sultra sangat mengapresiasi dan menganggap penilaian tersebut sangat objektif.

“Semua adalah buah dari inovasi dan kerja keras aparatur Kemenag dibawah bimbingan dan arahan Gus Menteri, Yaqut Kholil Qoumas. Semua fokus memberikan pelayanan prima untuk Jamaah haji mulai dari tahap persiapan, pemberangkatan hingga jelang fase pemulangan,” ungkapnya.

Muhamad Saleh juga memaparkan skenario yang disusun Kemenag dalam fase pemulangan jamaah haji ke tanah air. Hasil rapat zoom bersama Dirjen PHU skenario pemulangan Jamaah Haji yang akan dimulai pada tanggal 24 Juni 2024.

“Kemenag terus melakukan upaya untuk memberikan layanan terbaik bagi jamaah. Kita berharap, proses pemulangan jamaah haji ke tanah air dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun,” harap Saleh.

  • Bagikan