Tingkatkan Konsumsi Ikan, TP-PKK Bersama DKP Kendari Gelar Lomba Masak serta ikan

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Merealisasikan terwujudnya ketahanan pangan dan gizi sekaligus mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional melalui Program Nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan), Dinas Perikanan Kota Kendari akan selenggarakan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kota Kendari Tahun 2022 yang akan di ikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kota Kendari.

Pernyataan itu disebut pada saat Technical Meeting yang dilaksanakan di Kantor Dinas Perikanan Kota Kendari, Senin (18/7/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Hj. Sri Lestari Sulkarnain saat memimpin Technical Meeting, mengatakan kegiatan ini rutin di lakukan tiap tahun.

“Kita ketahui ikan sangat kaya dengan sumber protein dan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan gizi keluarga,” ujarnya.

Selain itu juga, dia mengungkapkan dengan adanya lomba ini sangat dibutuhkan kreativitas dan keberanian dalam menampilkan sajiannya.

“Ini bertujuan untuk mengajak para ibu-ibu di lingkungan kita untuk menikmati kuliner yang berbahan dasar dari ikan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail dalam sambutannya mengatakan, potensi produksi ikan di Kota Kendari mencapai 40.000 ton per tahun.

“Saya mengharapkan dengan tingkat produksi ikan yang tinggi di Kota Kendari bisa bergandengan dengan tingkat konsumsi ikan masyarakat di Kota Kendari,” ujarnya.

Rencananya, lomba ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022, di Hotel Fortune di Kelurahan Andonohu.

Kegiatan Technical Meeting ini di Ikuti Oleh para Juri dan Tim Penggerak PKK kecamata se Kota Kendari.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. Makan ikan harus dibiasakan sejak dini karena daging ikan mudah dicerna, sehingga baik bagi anak-anak yang memiliki pencernaan agak bermasalah.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan merupakan upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama anak-anak sekolah juga merupakan salah satu rantai penyerapan hasil perikanan yang diproduksi oleh masyarakat. Seiring dengan peningkatan produksi perikanan, maka konsumsi ikan oleh masyarakat sangat penting dipacu pertumbuhannya antara lain melalui optimalisasi pasar ikan, mendorong tumbuhnya rumah makan yang meyediakan masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan peran para ahli masak profesional dalam menciptakan menu olahan ikan serta menggugah minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.(ADV)

  • Bagikan