Tim SAR Temukan Nelayan yang Hilang Dalam Keadaan Meninggal Dunia

  • Bagikan
Tim SAR saat mengevakuasi korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia

Buton Tengah, sibernas.id – Tim SAR Gabungan berhasil menemukan seorang nelayan bernama Amlati (50) Warga Desa Bone-Bone, Kota Baubau yang dilaporkan hilang saat mencari ikan disekitar perairan Desa Lamena Kabupaten Buton Tengah, dalam keadaan meninggal dunia (MD), Sabtu (4/2).

Pelaksana Harian Kepala Basarnas Kendari, Rudi di Kendari mengatakan, pada pukul 14.00 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau tiba di LKP dan langsung melakukan penyisiran.

“Pada pukul 14.20 Wita Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia (MD) posisi terapung oleh Nelayan sekitar 1,89 NM dari LKP dan dievakuasi oleh Polair Baubau dengan menggunakan speedboat, selanjutnya korban di bawa menuju rumah duka untuk diserahterimakan kepada pihak keluarga,”terangnya.

Kata dia, dengan ditemukannya korban dalam keadaan MD, Ops SAR MOB terhadap 1 orang nelayan yang jatuh dari longboatnya disekitar Desa Lamena Kabupaten Buton Tengah dinyatakan selesai dan ditutup.

“Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,”tutupnya.

Kronologi : Pada tanggal 4 Februari 2023 pukul 04.00 Wita, korban keluar melaut untuk mencari ikan, kebiasaan korban kembali dari melaut pukul 10.00 Wita, sekitar pukul 08.30 Wita salah seorang nelayan menemukan longboat tanpa awak disekitar perairan Lamena Kabupaten Buton Tengah, dimana kondisi mesin masih bunyi, setelah dilakukan pengecekan dilongboat tersebut, longboat tersebut sudah tidak memiliki propeler/baling-baling, ditemukan juga handphone milik korban dalam posisi aktif.

Adapun unsur yang terlibat, yakni Pos SAR Baubau, Polair Baubau, PMI Baubau, Nelayan Sekitar dan Keluarga Korban. Dan alat yang digunakan yaitu Rescue Car 1 Unit, RIB Pos SAR Baubau 1 Unit, Speedboat Polair Baubau 1 Unit, Kapal Nelayan NB GT.10 1 Unit, dan  Peralatan pendukung keselamatan lainnya.

  • Bagikan