Tim Penilai Lomba Kebersihan Sambangi Kelurahan Watuwatu-Tipulu-Punggaloba

  • Bagikan
Kadis DLHK kendari, Nismawati saat melakukan penilaiankebersihan di Kelurahan Tipulu

Kendari, Sibernas.id – Tim penilaian kebersihan di tingkat kelurahan se Kota Kendari  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Kendari yang ke-192 membali melakukan kunjungan lapangan di wilayah Kecamatan kendari Barat, Rabu (12/4/23).

Tim penilai yang dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari Nismawati, menyambangi tiga kelurahanyang ada di Kecamatan Kendari Barat yakni, dimulai dari Kelurahan Watuwatu, kemudian Kelurahan Tipulu dan berahir di Kelurahan Punggaloba.

“Jadi untuk lomba kelurahan hari ini, yang dinilai hari ini adalah 65 Kelurahan, 11 Kecamatan, 30 OPD termasuk BUMN, BUMD dan instansi Vertikal yang ada di Kota Kendar. Kalau penilaiannya itu ada beberapa kriteria, kalau musalnya BUMN, BUMD, Instansi Vertikal serta OPD, itu yang kita nilai kebersihan yang ada di wilayah perkantoran masing-masing. Tetapi untuk kelurahan, itu ada beberapa titik yang kita nilai.Kita mengacu pada indikator penilaian Adipura,” jelasnya.

kepala DLHK Kendari, Nismawati

Lebih lanjut Nismawati menyampaikan bahwa penilaian kebersihan di Kelurahan tersebut dilihat pemukimannya, area jalannya, dilihat pengurangan sampahnya, pengelolaan sampahnya termasuk juga ruang terbuka hijaunya.

“Penilaian kebersihan lingkungan ini selesai ditanggal 2 Mei, kan ini tim juri yang ada di kelurahan beda dengan tim juri yang ada di OPD,  berdasarkan jadwal yang ada kita selesai di tanggal 2 mei, setelah itu kita rapat, kemudian hasilnya kita sampaikan ke pak walikota, setelah itu ditanggal 9 diacara puncak HUT Kota Kendari akan diumumkan pemenangnya, dan sampai hari ini sudah hampir 40 kelurahan yang dinilai,” terangnya.

Nismawati berharap dengan adanya lomba kebersihan ini, kelurahan lebih banyak edukasi kemasyarakatnya supaya betul-betul memperhatikan kebersihan lingkungan, sehingga di penilaian Adipura nanti itu tinggal dibenahi sedikit, untuk menghadapi penilaian Adipura dibulan Juli tahun 2023.

Tim penilai lomba kebersihan saat menyambangi Kantor Lurah Watuwatu

Sebelumnya, Lurah Watu Watu Jumirad menyampaikan bahwa lomba kebersihan ini juga diharapkan  dapat mampu serta mendukung Pencapaian Adipura.

“Melalui pelksanaan lomba kebersihan tingkat Kelurahan kita juga dapat  mengedukasi Warga tentang pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang iplementatif seperti Membuang sampah sesuai jadwal yang ditentukan, melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah tangga, penguranggan timbunan sampah, pengomposan, daur ulang sampah, dan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah yang pada gilirannya nanti akan menguranggi pencemaran terhadap lingkungan dan menguranggi beban sampah yang yang harus diterima oleh TPA.” Ungkapnya.

Tim Penilai lomba kebersihan saat berada di Kantor Lurah Tipulu

Sementara Lurah Tipulu, Ahmad Balaka menyampaikan selamat datang kepada tim penilai lomba kebersihan tingkat Kelurahan.

“Alhamdulillah, sebagai salah satu rangkaian acara peringatan HUT kota kendari lomba kebersihan ini memang salah satu yang paling menyita perhatian dalam arti positif tentunya, karena seperti apa yang selalu di sampaikan Bapak Pj. Walikota kendari, kami pemerintah kelurahan tipulu memang akan terus menghimbau kepada masyarakat agar mempertahankan kebersihan lingkungan bukan hanya pada saat ada penilaian, jadi ini akan terus berkelanjutan dan nantinya akan menjadi kebiasaan masyarakat di kelurahan Tipul,” katanya.

Tim penilai lomba kebersihan

Diketahui, indikator penilaian lomba kebersihan, diantaranya, kebersihan area kantor, kebersihan drainase, Ruang Terbuka Hijau (RTH), pemilahan sampah, serta penanganan dan pengurangan sampah.

Kegiatan ini lomba kebersihan lingkungan ini merupakan salah satu rangkaian lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Kendari yang ke-192.(ADV)

  • Bagikan