Tiga Siswa MAN IC Kota Kendari Raih Beasiswa Pertamina Tahun 2023

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari berhasil Raih Beasiswa Generasi Juara pada Universitas Pertamina Jakarta Tahun Akademik 2023/2024.

MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai Kampus Prestasi Mandiri Islami, sejak didirikan dan mulai beroperasi tahun 2016, terus berbenah dalam rangka meningkatkan kualitasnya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai prestasi yang telah ditorehkan, baik oleh siswa maupun alumni MAN IC Kota Kendari yang tidak hanya pada tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.

Mengawali tahun 2023, tercatat sebanyak 3 siswa yang telah dinyatakan berhasil lulus masuk pada Perguruan Tinggi Universitas Pertamina Jakarta melalui jalur Beasiswa Generasi Juara (Beasiswa 100% Bebas Biaya Pendidikan) yaitu An. Dina Aulyah S. Riastami dan Aulhia Putri Ramadhani pada Program Studi Hubungan Internasional, serta Wa Izzah Azzahra pada Program Studi Teknik Geologi.

Beasiswa Generasi Juara adalah jenis beasiswa Universitas Pertamina yang diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Beasiswa ini dibuka bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki prestasi tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional maupun tingkat internasional dalam bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya yang dipertimbangkan oleh Universitas Pertamina.

Berdasarkan hasil wawancara via WhatsApp, Dina Aulyah S. Riastami yang terlahir sebagai anak ke- 2 dari 3 bersaudara pasangan dari Syaiful Riastami, ST (PNS) di Dinas PUPR Kota Kendari dan Ibu Rita Basrun (IRT) yang beralamat di Jln. Tunggala BTN BIP Blok A1 No. 21 Kota Kendari mengaku sangat senang dan bersyukur.

“Awalnya saya sangat ingin mendapatkan beasiswa kuliah di Jawa, jadi ketika saya tahu saya lolos beasiswa di Universitas Pertamina itu benar-benar telah mewujudkan impian saya selama ini, saya sangat bersyukur diberi kesempatan kuliah di Universitas Pertamina, saya harap ini bisa menjadi motivasi bagi saya untuk terus semangat dalam menuntut ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi demi membanggakan kedua orang tua, guru-guru, dan sekolah saya,” harapnya.

Demikian pula Aulhia Putri Ramadhani yang merupakan anak pertama dari dua bersaudara, terlahir dari pasangan bapak Fitra (POLRI) di Kabupaten Bombana dan ibu Sitti Aisyah (IRT) yang bertempat tinggal di Kelurahan Lauru Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara mengungkapkan perasaan senang dan bersyukur kepada Allah SWT karena dapat diterima dan meraih Beasiswa pada Universitas Pertamina Jakarta ini.

“Alhamdulilah saya senang dan sangat bersyukur bisa lolos seleksi beasiswa Generasi Juara Pertamina periode Februari ini, karena hal ini adalah hal yang tidak saya sangka, semoga kesempatan emas ini menjadi yang terbaik untuk saya kedepannya,”pungkasnya.

Sementara, Wa Izzah Azzahra yang juga merupakan anak pertama dari dua bersaudara terlahir dari pasangan bapak Dr. Ir. Syam Rahadi, S.Pt., M.P., M.M., IPM yang berprofesi sebagai PNS (Dosen) di Fakultas Peternakan Universitas Halu Ole dan ibu Trias Oktavia Reni, S.Pt. (Wiraswasta) yang beralamat di Perumnas Poasia, Blok B No. 36 Kota Kendari, Sulawesi Tenggara juga mengungkapkan perasaan senang dan bersyukur kepada Allah SWT karena dapat diterima dan meraih Beasiswa pada Universitas Pertamina Jakarta ini.

“Alhamdulillah senang berkesempatan dapat beasiswa full (Beasiswa 100% Bebas Biaya Pendidikan) di Universitas Pertamina. Namun untuk keputusan diambil atau tidaknya saya masih menunggu pengumuman SNBP, kalau lolos SNBP dengan berat hati mungkin saya akan mengundurkan diri dari beasiswa ini, tapi kalau tidak lolos Insyaallah beasiswa ini akan saya ambil. Semoga  saya dapat diberikan yang terbaik,”harapnya.

Selaku Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh ketiga siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari tersebut. Alhamdulillah, selamat kepada para siswa yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Universitas Pertamina Jakarta tahun Akademik 2023/2024 melalui Beasiswa yang 100% telah dibebaskan dari biaya pendidikan. Ini merupakan sesuatu yang istimewa karena biasanya beasiswa yang diperoleh hanya membiayai 50% dari biaya pendidikan. Oleh karena itu, kepala madrasah mengaku sangat senang dan bersyukur ada siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari yang berhasil lolos mendapatkan kesempatan ini.

“Semoga pada tahun-tahun berikutnya, kita mampu meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas alumni kita yang bisa masuk perguruan tinggi favorit, tidak hanya yang ada di Indonesia, namun juga perguruan tinggi yang berada di luar negeri. Karena sesuai dengan target MAN IC seluruh Indonesia termasuk MAN IC Kota Kendari bahwa alumni MAN IC harus berada di atas 90% yang dapat diterima di Perguruan Tinggi Favorit baik di dalam negeri maupun di luar negeri,”tutupnya.

  • Bagikan